08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kepala ANRI Laksanakan Audiensi dengan Menkomarves

Kepala ANRI Laksanakan Audiensi dengan Menkomarves Kepala ANRI Laksanakan Audiensi dengan Menkomarves Kepala ANRI Laksanakan Audiensi dengan Menkomarves Kepala ANRI Laksanakan Audiensi dengan Menkomarves

31

May 23

Kepala ANRI Laksanakan Audiensi dengan Menkomarves

Jakarta - 31/05/23, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto dan jajaran melaksanakan audiensi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat. Audiensi ini dilaksanakan untuk melaporkan rencana pelaksanaan Rapat Koordinasi (rakor) Penyelamatan Arsip Kemaritiman yang akan dilaksanakan ANRI dalam waktu dekat.

Menurut Imam, Indonesia negara maritim, tetapi saat ini mayoritas arsipnya terkait aktivitas daratan. Oleh karenanya, rakor ini menjadi salah satu momentum untuk mengintensifkan penyelamatan arsip kemaritiman. Pada kesempatan ini pun Luhut menyampaikan dukungannya atas penyelamatan arsip kemaritiman. Menurutnya, arsip merupakan hal penting, terlebih arsip kemaritiman sebab Indonesia sebagai negara maritim.

Sebelumnya, pada tahun 2023 ANRI juga telah melaksanakan Seminar “Dharma Samudera Pejuang Wanita Negara Poros Maritim Dunia” dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera pada 17 Januari 2023. Melalui kegiatan tersebut Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI, Kandar menyatakan bahwa khazanah arsip tentang kemaritiman yang tersimpan di ANRI tidak saja sebagai bahan bukti penyelenggaraan kehidupan berbangsa yang tercipta pada masa lampau, tetapi memiliki makna lintas waktu, lintas peristiwa, dan lintas geografi. “Masalah kemaritiman yang bisa di-highlight ialah mengenai politik-pemerintahan, pertahanan-keamanan, ekonomi-pembangunan, dan sosial,” jelasnya. Ia menambahkan juga bahwa arsip kemaritiman dari kementerian/lembaga sangat diharapkan untuk segera diserahkan agar dimilikinya database arsip kemaritiman.

( tk )


Penulis : tk
Editor : sa

Bagikan

Views: 550