Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI
Kepala ANRI: Pacu Penyerapan Anggaran Kepala ANRI: Pacu Penyerapan Anggaran Kepala ANRI: Pacu Penyerapan Anggaran

30

Sep 22

Kepala ANRI: Pacu Penyerapan Anggaran

Aceh - 30/09/22, “Proses perubahan itu memerlukan ketangguhan untuk memperjuangkan perubahan itu sendiri.”

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto, pada Rapim Evaluasi Program dan Kinerja ANRI yang dilaksanakan pada Jumat 30 September 2022.

Rapim tersebut dipimpin langsung oleh Kepala ANRI dan dihadiri secara luring oleh Sekretaris Utama, Rini Agustiani, Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan, Desi Pratiwi, Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar, Pimpinan Tinggi Pratama serta secara daring oleh Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan, Andi Kasman, dan Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST), M. Ihwan.

Salah satu hal yg disampaikan Kepala ANRI dalam Rapim tersebut adalah mengenai pentingnya ANRI menindaklanjuti program yang telah diluncurkan oleh masing-masing unit. Program-program tersebut harus diperjuangkan dengan semangat juang yang tinggi supaya hasil yang diinginkan dapat dicapai sesuai harapan bersama.

Hal lainnya yang disampaikan Kepala ANRI yakni perlunya memanfaatkan command centre sebagai pusat informasi kearsipan, dimana nantinya akan dibentuk komandan jenderal harian untuk memantau darurat kearsipan nasional setiap harinya yang terjadi di seluruh daerah di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Kepala ANRI  juga memberi kesempatan kepada seluruh kedeputian ANRI untuk memaparkan capaian kinerja, tantangan dan hambatan yang dihadapi. Ia mengajak dan mengimbau seluruh pegawai ANRI untuk terus fokus melaksanakan pekerjaan yang sudah dicanangkan dalam rangka mempercepat proses penyerapan anggaran. 

Hal lain yang disinggung Kepala ANRI dalam kegiatan tersebut adalah terkait kesiapan BAST dan panitia seminar internasional yang akan diadakan pada Desember 2022 dalam rangka memperingati 18 tahun peristiwa gempa dan tsunami Aceh. Kegiatan tersebut, kata Kepala ANRI, memerlukan dukungan dari semua kedeputian ANRI karena melibatkan organisasi kearsipan Asia Tenggara (SARBICA) serta lembaga kearsipan di tingkat provinsi, kab/kota dan perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia. 

Bagi BAST sendiri, Rapim bulanan tersebut merupakan momen untuk mengupgrade perkembangan kearsipan secara nasional dalam rangka menentukan langkah-langkah perbaikan kinerja di triwulan berikutnya.

( BAST)