08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kepala ANRI: Peringatan Hari Kearsipan ke-52 Momentum Dorong Reformasi Birokrasi dan Pemajuan Budaya

Kepala ANRI: Peringatan Hari Kearsipan ke-52 Momentum Dorong Reformasi Birokrasi dan Pemajuan Budaya Kepala ANRI: Peringatan Hari Kearsipan ke-52 Momentum Dorong Reformasi Birokrasi dan Pemajuan Budaya Kepala ANRI: Peringatan Hari Kearsipan ke-52 Momentum Dorong Reformasi Birokrasi dan Pemajuan Budaya

22

May 23

Kepala ANRI: Peringatan Hari Kearsipan ke-52 Momentum Dorong Reformasi Birokrasi dan Pemajuan Budaya

Banyuwangi (22/5/2023) - Puncak peringatan Hari Kearsipan ke-52 pada tahun 2023 dilaksanakan di Hotel El Royale, Banyuwangi dengan mengangkat tema “Gerakan Kearsipan Menuju Birokrasi Maju, Memori Kolektif Bangsa dan Peradaban Unggul”. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto dalam laporan pembukaan puncak acara tersebut menyampaikan bahwa tema tersebut sejalan dengan program nasional, di mana program kearsipan memiliki dua impact, yaitu mendorong percepatan reformasi birokrasi yang maju, dan mendorong pemajuan kebudayaan melalui terbentuknya memori kolektif bangsa dan peradaban yang unggul.

“Bangsa kita terkenal sebagai bangsa pelupa, satu-satunya jalan untuk mengatasinya adalah dengan membangun kearsipan sebagai pusat memori kolektif bangsa. Banyak masyarakat yang tercerabut dari memori desa dan daerahnya, tercerabut dari memori kebangsaannya. Banyak anak-anak bangsa yang hidup di Indonesia, tetapi memorinya berbeda dan bukan Indonesia. Jika ini kita biarkan, maka bangsa kita akan mengalami kekeroposan dari dalam. Saya sangat yakin bahwa gerakan kearsipan untuk mengembalikan dan menjaga memori kolektif bangsa adalah peperangan sesungguhnya, kita hari ini,” papar Imam Gunarto.

Pada kesempatan yang sama, Imam Gunarto juga menyampaikan maksud dan tujuan penyelenggaraaan Hari Kearsipan ke-52 yakni dapat mengambil marwah perjuangan kearsipan yang dilakukan oleh para pendahulu dan kemudian meneladaninya. Komunitas kearsipan diharapkan dapat meneguhkan dan memperkokoh kembali niat untuk menyelenggarakan kearsipan yang lebih baik dalam mendukung visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden RI.

Sebagai informasi, Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur terpilih sebagai hasil kesepakatan para Kepala Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi se-Indonesia pada peringatan Hari Kearsipan ke-51 di Pekanbaru, Riau. Peringatan Hari Kearsipan ke-52 tahun 2023 ini juga dilaksanakan tidak terlepas dari tujuan untuk meningkatkan sinergi seluruh pemangku kepentingan Bidang Kearsipan di tingkat kementerian/lembaga/daerah/BUMN/PTN untuk melaksanakan tertib arsip, transformasi digital kearsipan, dan memori kolektif bangsa. (tk)


Penulis : tk

Bagikan

Views: 699