08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

KEPALA ANRI SERAHKAN CITRA DAERAH KABUPATEN KAMPAR KEPADA PJ. BUPATI KAMPAR

KEPALA ANRI SERAHKAN CITRA DAERAH KABUPATEN KAMPAR KEPADA PJ. BUPATI KAMPAR KEPALA ANRI SERAHKAN CITRA DAERAH KABUPATEN KAMPAR KEPADA PJ. BUPATI KAMPAR KEPALA ANRI SERAHKAN CITRA DAERAH KABUPATEN KAMPAR KEPADA PJ. BUPATI KAMPAR

07

Aug 22

KEPALA ANRI SERAHKAN CITRA DAERAH KABUPATEN KAMPAR KEPADA PJ. BUPATI KAMPAR

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto menyerahkan Citra Daerah Kabupaten Kampar kepada Pj. Bupati Kampar, Kamsol (06/08). Citra Daerah Kabupaten Kampar diserahkan di sela-sela kegiatan Festival Bagholek Godang 2022 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Riau Ke-63.

"Khazanah  arsip mengenai Kabupaten Kampar banyak tersimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), keindahan dan keanekaragaman flora dan fauna menjadi anugerah  yang amat berharga bagi daerah ini yang terekam pada pemandangan Teluk Badas dan pantai laut Kampar", ungkap Imam Gunarto.

Imam Gunarto menambahkan bahwa Kebanggaan dan rasa cinta terhadap tanah air digambarkan pada sosok Raja Kampar yang amat piawai berdiplomasi dan menjalin persahabatan dengan berbagai suku bangsa yang pernah hadir di tanah Kampar.

"Ciri khas religius dan semangat mempertahankan adat istiadat budaya melekat pada masyarakat. Kebersamaan dan hidup bergotong royong tercermin saat masyarakat saling bekerja sama dan membangunan rumah serta menciptakan lingkungan yang aman dan selaras dengan alam melalui bangunan rumah tradisional yang masih di pertahankan hingga saat ini", imbuhnya.

Sementara itu, Kamsol menyampaikan bahwa segala sumber sejarah tidak akan sampai dari generasi satu ke generasi berikutnya, kalau tidak ada kesadaran pengelolaan sumber atau tidak ada kesadaran arsip yang dimiliki.

Dengan demikian, Kamsol meminta kedepan agar lebih tersusun ketertiban arsip yang lengkap. Hal ini bisa dimulai dari setiap OPD dalam memberikan dikumen kepada Kantor Arsip Kabupaten Kampar.

Citra  Daerah merefleksikan bagaimana suatu daerah ikut berperan, memberi warna dan corak dalam sejarah perjalanan bangsa dari masa ke masa. Khazanah arsip tersebut memberikan informasi yang akurat dan obyektif mengenai perjalanan sebuah daerah dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang terekam dalam arsip baik dalam bentuk teks, peta maupun foto mengenai sebuah daerah. Citra Daerah memberikan gambaran tentang kearifan lokal yang dimiliki sebuah daerah.

Citra Daerah Kabupaten Kampar dilaksanakan dengan baik melalui kerja sama antara Dinas Kearsipan Provinsi Riau dan para tokoh sehingga tercipta Kampar dalam Arsip. Diharapkan Kampar dalam Arsip ini dapat disebarluaskan kepada masyarakat untuk memperkuat Memori Kolektif Bangsa Kabupaten Kampar.

( Tgh/Is )


Penulis : Tgh/Is

Bagikan

Views: 980