08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kepala ANRI Serahkan Sertifikat Akreditasi Lembaga Kearsipan kepada Kota Surabaya

Kepala ANRI Serahkan Sertifikat Akreditasi Lembaga Kearsipan kepada Kota Surabaya

28

Jan 16

Kepala ANRI Serahkan Sertifikat Akreditasi Lembaga Kearsipan kepada Kota Surabaya

Surabaya - Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan menyerahkan sertifikat akreditasi lembaga kearsipan kepada Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya di ruang rapat Wali Kota Surabaya, Jalan Taman Surya No. 1, Surabaya, Jawa Timur. Sertifikat tersebut diterima oleh Sekertaris Daerah Kota Surabaya, Hendro Gunawan. Hadir dalam acara ini Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya, Arini Pakistyaningsih, Kepala Pusat Akreditasi ANRI, Rudi Anton, para asisten Wali Kota, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), camat, dan lurah se-kota Surabaya.

Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya mendapatkan sertifikat akreditasi dengan predikat A (sangat baik). Nilai akreditasi tersebut merupakan yang pertama diperoleh oleh Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) kabupaten/kota di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Surabaya menyampaikan bahwa banyak manfaat dari akreditasi ini. Pertama kita dapat menelusuri arsip yang tadinya tidak tertata dengan baik yang selama ini tersimpan di seluruh SKPD dan tempat-tempat lainnya. Kedua,  kita mendapatkan informasi dari proses digitalisasi yang dilakukan terhadap arsip-arsip tersebut, sehingga apabila ada masalah karena arsipnya sudah tersedia dapat diatasi dengan baik.  â€œKami menyampaikan penghargaan  kepada ANRI atas upayanya dalam memberikan penghargaan ini dan penghargaan juga kami sampaikan kepada seluruh SKPD, camat, lurah dan semua unsur terkait yang telah mendukung kegiatan kearsipan di Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya, karena dengan kerja sama yang baik dari seluruh perangkat kota Surabaya maka sertifikat ini bisa diraih,”lanjutnya.

Sementara itu Kepala ANRI menyampaikan apresiasinya kepada Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya yang sudah memperoleh akreditasi dari ANRI. Karena memperoleh akreditasi ini tidak mudah, dibutuhkan keberanian dan usaha yang keras dari semua komponen lembaga kearsipan agar memenuhi standar yang ditentukan dalam sebuah akreditasi lembaga. Lebih lanjut Mustari Irawan menyampaikan bahwa yang lebih penting adalah mengaplikasikan apa yang menjadi tanggungjawab lembaga setelah mendapat akreditasi ini. “Arsip sesungguhnya informasi yang dibutuhkan oleh setiap organisasi. Permasalahannya bagaimana mengubah arsip menjadi sebuah informasi yang dapat disajikan dan dinikmati oleh masyarakat,” terang Mustari.

Lebih lanjut Arini mengungkapkan bahwa   keberhasilan penyelenggaraan kearsipan di lingkungan kota Surabaya berkat dukungan penuh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Tanpa dukungan dari pimpinan tertinggi niscaya apa yang dilakukan tidak akan berhasil dengan baik.(MI)


Bagikan

Views: 655