08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kepala BPS Kota Lhokseumawe: Sengketa Perbatasan Selesai dengan Arsip

Kepala BPS Kota Lhokseumawe: Sengketa Perbatasan Selesai dengan Arsip Kepala BPS Kota Lhokseumawe: Sengketa Perbatasan Selesai dengan Arsip Kepala BPS Kota Lhokseumawe: Sengketa Perbatasan Selesai dengan Arsip

15

Feb 23

Kepala BPS Kota Lhokseumawe: Sengketa Perbatasan Selesai dengan Arsip

Lhokseumawe, Aceh - 15/02/23 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan monitoring arsip statis di Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Lhokseumawe.

Kedatangan tim BAST yang terdiri dari Kepala Balai dan para arsiparis BAST tersebut disambut baik oleh Kepala BPS Kota Lhokseumawe, Oryza Sativa dan Kasubbag TU, Iqbal Firdaus.

Oryza menyadari bahwa arsip memiliki peranan penting. Sebagai contoh, dengan data dan arsip yang ada, BPS Provinsi Aceh dapat menyelesaikan sengketa perbatasan antara Kabupaten Bener Meriah dan Kota Bireuen. Untuk itu, ia sangat mendukung program kerja BAST dalam melakukan penyelamatan arsip instansi vertikal di Aceh, khususnya instansi vertikal di lingkungan BPS. 

Ia juga menyebutkan pengelolaan arsip di BPS Kota Lhokseumawe belum sepenuhnya dapat dilakukan. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya SDM kearsipan di BPS Kota Lhokseumawe, dari 17 pegawai yang dimiliki, sebagian besar merupakan fungsional statistik. 

Sementara itu, Kepala BAST, menyampaikan bahwa kedatangan BAST ke BPS Kota Lhokseumawe selain melakukan monitoring arsip, juga untuk melakukan penelusuran arsip tsunami yang mungkin dimiliki oleh BPS Kota Lhokseumawe. 

Melalui kunjungan ini, Ihwan berharap BPS Kota Lhokseumawe dapat melakukan pengelolaah arsip dinamis dengan baik sehingga arsip yang berpotensi statis dapat diserahkan kepada BAST untuk dimanfaatkan sebagai bukti akuntabilitas dan bahan penelitian bagi mahasiswa dan peneliti, baik dalam maupun luar negeri. 

 

( ekh )


Penulis : ekh

Bagikan

Views: 747