08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

KEPRES Pemberian Gelar Pahlawan Proklamator Kini Tersimpan di ANRI

KEPRES Pemberian Gelar Pahlawan Proklamator Kini Tersimpan di ANRI

20

Mar 13

KEPRES Pemberian Gelar Pahlawan Proklamator Kini Tersimpan di ANRI

Jakarta, 19 Maret 2013

Dua ribu sembilan ratus berkas dari 111 box atau 167 jilid Arsip Gelar Tahun 1963 sampai dengan Tahun 1998 serta 1 buah Bintang Mahaputra pada Selasa, 19 Maret 2013, di Ruang Rapat Gedung Utama Lt.3 Kementerian Sekretariat Negara RI, diserahkan secara simbolis ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Lambock V. Nahattands kepada Kepala ANRI, M. Asichin. yang di saksikan oleh para pejabat eselon 1, 2 dan 3 terkait di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara RI dan Arsip Nasional RI (ANRI).

Dalam sambutannya, Lambock menghimbau jajarannya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kearsipan sebagai bagian dari akuntabilitas kinerja kegiatan kelembagaan sehingga dapat memperdayakan arsip sebagai sumber informasi untuk kepentingan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi sehingga dalam pengelolaan arsip semakin berkualitas, guna menyajikan arsip yang semakin autentik, semakin reliable, dan semakin kredibel.

Lebih lanjut Lambock menyampaikan bahwa penyerahan Arsip Gelar dan tanda Kehormatan dari Tahun 1963 sampai dengan Tahun 1998 ini merupakan kumpulan arsip gelar dan tanda kehormatan yang memuat informasi yang lengkap mengenai kronologis pemberian penghargaan dari Presiden kepada seseorang ataupun institusi dengan berbagai macam syarat ketentuan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan serta sesuai dengan dinamika dan kondisi sosial, ekonomi dan politik di masa itu. Adapun arsip yang diserahkan secara simbolis dalam acara tersebut antara lain mencakup Keputusan Presiden Nomor 86/TK/1986 Tentang Pemberian Gelar Pahlawan Proklamator untuk Ir. Soekarno dan Moh. Hatta dan Keputusan Presiden Nomor 035/TK/Tahun 1972 Tentang Penganugrahan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Kelas 1 kepada Dr. H. Moh. Hatta.

Sementara itu, M Asichin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kerjasama Sekretariat Negara RI semoga terus berlanjut dalam melaksanakan dan menyerahkan semua arsip-arsip yang benilai strategis ke ANRI untuk terus dilestarikan demi keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara baik untuk kenangan masa lalu ataupun untuk kepentingan masa depan di Republik Indonesia yang kita cintai. M. Asichin menambahkan, dalam perkembangan di bidang kearsipan, benda-benda atau dokumen-dokumen yang bernilai stategis yang merupakan bagian yang melengkapi arsip, ANRI siap untuk menyimpan dan menjaganya dengan baik. (Fir)


Bagikan

Views: 5206