08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Keren, Arsip Film Indonesia Tayang di Ajang Internasional di Thailand

Keren, Arsip Film Indonesia Tayang di Ajang Internasional di Thailand Keren, Arsip Film Indonesia Tayang di Ajang Internasional di Thailand Keren, Arsip Film Indonesia Tayang di Ajang Internasional di Thailand Keren, Arsip Film Indonesia Tayang di Ajang Internasional di Thailand Keren, Arsip Film Indonesia Tayang di Ajang Internasional di Thailand

10

May 23

Keren, Arsip Film Indonesia Tayang di Ajang Internasional di Thailand

Pattaya, Thailand - 10/05/23 - Kaset video yang telah didigitalisasi berjudul pendirian ASEAN ditayangkan dalam acara Archival Gems Screening Night, bersamaan dengan welcome dinner dalam rangkaian Konferensi ke-27 Southeast Asia-Pacific Audiovisual Archive Association (SEAPAVAA) yang dilaksanakan di Amari Hotel, Pattaya, Thailand.

Sebelum video tayangan diputar dan ditonton oleh seluruh peserta, Kepala ANRI, Imam Gunarto memberikan sambutan dan pengantar pembuka.

Arsip rekaman video pendirian ASEAN berasal dari koleksi kaset Umatic TVRI tahun 1982 berdurasi 38,34 menit. Secara fisik, kaset ini telah mengalami kerusakan akibat jamur sehingga gambar hasil digitalisasi terlihat buram dan bergaris.

Video hasil alih media itu kemudian dilakukan restorasi digital sehingga kualitasnya gambarnya lebih stabil dan jernih, sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas gambar dan warna video tersebut.

Didirikan pada tangal 8 Agustus 1967 di Bangkok, peresmian ASEAN ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok oleh para pemimpin dari lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina, dengan tujuan untuk menjaga stabilitas politik dan ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

Saat ini, kumpulan arsip tentang pendirian ASEAN tengah dinominasikan sebagai (Memory of the World Committee for Asia and the Pacific) MOW CAP bersama para negara pendiri ASEAN (joint nomination), untuk mewujudkan stabilitas di kawasan Asia Tenggara melalui kerja sama ekonomi dan sosial budaya serta memajukan perdamaian tingkat regional.

( DHS )


Penulis : DHS

Bagikan

Views: 2723