08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kerja Sama ANRI dengan Media Massa untuk Penyebaran Informasi yang Akurat, Autentik, Reliable

Kerja Sama ANRI dengan Media Massa untuk Penyebaran Informasi yang Akurat, Autentik, Reliable Kerja Sama ANRI dengan Media Massa untuk Penyebaran Informasi yang Akurat, Autentik, Reliable Kerja Sama ANRI dengan Media Massa untuk Penyebaran Informasi yang Akurat, Autentik, Reliable Kerja Sama ANRI dengan Media Massa untuk Penyebaran Informasi yang Akurat, Autentik, Reliable

20

Oct 22

Kerja Sama ANRI dengan Media Massa untuk Penyebaran Informasi yang Akurat, Autentik, Reliable

Jakarta (19/10/2022) - Pentingnya informasi dan pengetahuan yang terkandung dalam arsip untuk disebarluaskan kepada masyarakat, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan media gathering dengan tema “Kolaborasi dan Sinergi: Menyingkap Memori Kolektif Bangsa untuk Mencerdaskan Negeri” di Jakarta, Rabu (19/10).

Perwakilan-perwakilan dari media massa nasional turut hadir dalam kegiatan ini. Dengan konsep talkshow, media gathering ANRI menghadirkan narasumber Pakar Media dan Komunikasi Publik, Ahmed Kurnia, Praktisi Redaksi Media Massa iNews, Herik Kurniawan dan narasumber pemantik, Pendiri Komunitas Histori Indonesia, Asep Kambali. 

Kepala ANRI, Imam Gunarto menyampaikan ANRI harus bekerja sama dengan media untuk menyiapkan informasi yang akurat, autentik, reliable kepada masyarakat. 

“Saat ini masyarakat mencari pasal-pasal untuk mencari kebenaran. Indonesia memiliki memori yang penuh, namun tidak dihidupkan untuk masa kini. Hal ini menjadi tugas kita bersama untuk menyampaikan kebenaran dan mengekspos kebohongan dengan senjata berupa arsip dan referensi yang benar,” jelas Kepala ANRI. 

ANRI memiliki beberapa pusat studi yang dapat diakses oleh masyarakat untuk mengetahui arsip-arsip yang dapat digunakan sebagai sumber informasi, antara lain Pusat Studi Arsip Kepresidenan, Pusat Studi Arsip Pemberantasan Korupsi, serta Pusat Studi yang berada di Aceh, yaitu Balai Arsip Statis dan Tsunami yang menyimpan arsip kebencanaan. 

Media dapat menggunakan informasi tersebut sebagai sumber referensi agar dipublikasikan ke masyarakat. Arsip dapat menjadi senjata, memperkuat karakter, dan melalui memori kolektif bangsa dapat membentuk jati diri bangsa. Oleh karena itu, dibutuhkan peran media agar kekuatan ANRI dapat digunakan untuk penyebarluasan memori kolektif bangsa.

Pakar Media dan Komunikasi Publik, Ahmed Kurnia dalam paparannya menyampaikan ANRI diharapkan dapat mencari dokumen-dokumen arsip dan seraya memanfaatkan momentum untuk menyebarluaskan informasi dari sumber arsip agar menarik perhatian. ANRI juga diharapkan dapat inspiring the future, enlightening the people, dan energizing the nation. (sa)


Penulis : sa

Bagikan

Views: 1044