08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kolaborasi ANRI dan 3 LKD dalam Penyelamatan Arsip Vital Masyarakat Cianjur

Kolaborasi ANRI dan 3 LKD dalam Penyelamatan Arsip Vital Masyarakat Cianjur Kolaborasi ANRI dan 3 LKD dalam Penyelamatan Arsip Vital Masyarakat Cianjur Kolaborasi ANRI dan 3 LKD dalam Penyelamatan Arsip Vital Masyarakat Cianjur Kolaborasi ANRI dan 3 LKD dalam Penyelamatan Arsip Vital Masyarakat Cianjur Kolaborasi ANRI dan 3 LKD dalam Penyelamatan Arsip Vital Masyarakat Cianjur Kolaborasi ANRI dan 3 LKD dalam Penyelamatan Arsip Vital Masyarakat Cianjur Kolaborasi ANRI dan 3 LKD dalam Penyelamatan Arsip Vital Masyarakat Cianjur Kolaborasi ANRI dan 3 LKD dalam Penyelamatan Arsip Vital Masyarakat Cianjur

16

Dec 22

Kolaborasi ANRI dan 3 LKD dalam Penyelamatan Arsip Vital Masyarakat Cianjur

Cianjur - 12/12/22, Cianjur berduka. Gempa bumi yang meluluhlantakkan Kecamatan Cugenang dan sekitarnya pada Senin, 21 November 2022 menyebabkan arsip vital masyarakat rusak dan atau hilang. Beberapa kantor desa dan sekolah rata dengan tanah. ANRI bersama dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor, dan Kota Sukabumi menerjunkan tim penyelamatan arsip yang terdampak bencana. Tim berupaya menyelamatkan alas hak keperdataan rakyat dengan pendataan dan evakuasi arsip yang terdampak bencana.

Pada kesempatan terpisah, Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar menyampaikan bahwa bangunan bisa dibangun kembali, akan tetapi arsip vital masyarakat yang tersimpan di sekolah dan kantor desa menjadi permasalahan tersendiri ketika rusak. Buku Induk Siswa dan Buku Tanah C atau biasa disebut Letter C yang terdampak bencana gempa bumi menyisakan persoalan mengenai alas hak keperdataan rakyat.

Oleh karena itu, tim yang diterjunkan melakukan pendataan dan evakuasi arsip di Sekolah dan Kantor Desa yang terdampak. Buku Induk Siswa dan Buku C yang telah didata kemudian dievakuasi ke tempat yang aman dan direstorasi agar dapat digunakan kembali oleh Sekolah dan Aparatur Pemerintah Desa sesuai dengan fungsinya. 

Selain melakukan upaya penyelamatan arsip vital masyarakat, tim juga menyalurkan donasi untuk korban bencana berupa tikar, selimut, dan lain sebagainya sesuai dengan data kebutuhan barang yang telah dirilis BPBD. "Semoga bantuan tersebut bermanfaat dan dapat menumbuhkan semangat korban bencana dalam menghadapi kondisi ini," harap Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar. 

( St )


Penulis : St
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 7696