08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kolaborasi ANRI, Dispusip Jawa Timur, dan Dispusip Trenggalek Selamatkan Arsip Terdampak Banjir di Trenggalek

Kolaborasi ANRI, Dispusip Jawa Timur, dan Dispusip Trenggalek Selamatkan Arsip Terdampak Banjir di Trenggalek Kolaborasi ANRI, Dispusip Jawa Timur, dan Dispusip Trenggalek Selamatkan Arsip Terdampak Banjir di Trenggalek Kolaborasi ANRI, Dispusip Jawa Timur, dan Dispusip Trenggalek Selamatkan Arsip Terdampak Banjir di Trenggalek

28

Oct 22

Kolaborasi ANRI, Dispusip Jawa Timur, dan Dispusip Trenggalek Selamatkan Arsip Terdampak Banjir di Trenggalek

Trenggalek (25-26/10) - Pertengahan Oktober 2022, wilayah Trenggalek diterjang banjir. Bencana tersebut mengakibatkan lebih dari 50% arsip milik Organisasi Perangkat Daerah terdampak bencana. Dalam upaya penyelamatan arsip tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah (Dispusip) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Trenggalek melaksanakan evakuasi dan simulasi arsip yang terdampak bencana di Aula Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga.

Kepala Dispusip Provinsi Jawa Timur Tiat S. Suwardi menyatakan bahwa simulasi penyelamatan arsip adalah program prioritas perlindungan dan penyelamatan arsip akibat bencana Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Simulasi tersebut merupakan proses edukasi dan antisipasi potensi kebencanaan di Jawa Timur, khususnya untuk upaya pelindungan dan penyelamatan arsip. Kolaborasi ini merupakan momentum yang baik untuk upaya penyelamatan arsip akibat bencana.

Pascakegiatan simulasi, diharapkan tim penyelamatan arsip Kabupaten Trenggalek mampu meneruskan proses penanganan arsip yang terdampak bencana sehingga arsip dapat digunakan kembali sebagai bukti akuntabilitas pemerintahan. (RA)

( ST )


Penulis : ST
Editor : tk

Bagikan

Views: 550