08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Kota Cimahi Luncurkan Aplikasi SRIKANDI Kota Cimahi Luncurkan Aplikasi SRIKANDI Kota Cimahi Luncurkan Aplikasi SRIKANDI

04

Feb 23

Kota Cimahi Luncurkan Aplikasi SRIKANDI

Cimahi - 04/02/23, Pemerintah daerah kota Cimahi menunjukkan komitmennya dalam transformasi digital bidang kearsipan dengan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di Gedung Cimahi Technopark. Peluncuran aplikasi dilaksanakan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Maria Fitriana yang turut dihadiri Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Desi Pratiwi dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Cimahi, Ahmad Dzulkarnain dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah kota Cimahi. Dengan dirilisnya aplikasi SRIKANDI di lingkungan pemerintah kota Cimahi, maka jajaran pemerintah kota Cimahi sudah mengimplentasikan aplikasi umum bidang kearsipan dinamis sebagai bagian dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektroni (SPBE).

Menurut Desi, dalam mendukung dan memperkuat pelaksanaan visi kota Cimahi yang maju, agamis, berbudaya, pendokumentasian seluruh aktivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah Kota Cimahi menjadi hal yang krusial. Dengan implementasi SPBE, khususnya SRIKANDI, dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, serta keandalan pelayanan publik yang berkualitas. “Ini adalah capaian yang perlu disyukuri dan dijadikan motivasi untuk memaksimalkan upaya-upaya transformasi digital di bidang kearsipan dalam kerangka SPBE. Melalui tertib arsip yang didukung oleh tranformasi digital, kita dapat melindungi dan menyelamatkan memori kolektif bangsa di tengah berbagai perubahan zaman, untuk menjaga identitas dan jati diri bangsa Indonesia di masa depan,” papar Desi yang hadir mewakili Kepala ANRI.

Lebih lanjut Maria juga memaparkan bahwa penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik dan Satu Data Indonesia merupakan suatu keharusan sebagai pondasi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. “Peluncuran aplikasi SRIKANDI menjadi upaya pengelolaan kearsipan yang efisien dan efektif dengan berbasis digital,” tambahnya.

Sebagai informasi, sampai dengan awal tahun 2023 aplikasi SRIKANDI sudah terimplementasi di 68 instansi pusat, 21 pemerintah daerah provinsi, 105 pemerintah daerah kabupaten, dan 39 pemerintah daerah kota. Adapun jumlah pengguna SRIKANDI sebanyak 714.748 (ASN), dengan jumlah naskah dinas sebanyak 8.141.885 naskah (183 GB).

( tk )


Penulis : tk
Editor : tk

Bagikan

Views: 1211