08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Kunjungan ANRI ke KOMPAS

12

Jan 17

Kunjungan ANRI ke KOMPAS

Dalam rangka menjalin silahturahmi dengan media, Pimpinan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) beserta jajarannya mengunjungi redaksi harian Kompas (12/01/2017). Tim ANRI diterima oleh Wakil Pemimpin Redaksi Kompas Ninuk Mardiana Pambudy. Pada kesempatan itu, Kepala ANRI Mustari Irawan menyampaikan isu-isu terkini mengenai penyelenggaraan kearsipan nasional diantaranya program Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Minimnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan arsip mendorong Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan gerakan. Salah satunya mencanangkan GNSTA sebagai upaya membangun kesadaran semua elemen masyarakat terhadap pentingnya mengelola arsip, khususnya yang terkait dengan arsip birokrasi pemerintahan. Program-program yang berkaitan dengan GNSTA antara lain pembinaan kearsipan, sosialisasi kearsipan, sosialisasi Undang-Undang Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan, bimbingan dan konsultasi kearsipan di seluruh kementerian dan lembaga di setiap daerah, diklat-diklat kearsipan, sertifikasi SDM Kearsipan, akreditasi kearsipan dan pameran-pameran kearsipan.

Pada kesempatan itu, Mustari juga menyampaikan  mengenai penyelamatan Arsip presiden. Salah satu tugas penting yang diemban oleh ANRI sebagai lembaga negara adalah menyelamatkan arsip statis, yakni arsip yang memiliki nilai guna kesejarahan dari perjalanan negara dan bangsa ini. Perjalanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini juga tidak terlepas dari peran presiden, baik sebagai kepala negara maupun kepala pemerintahan. Sosok presiden merupakan unsur penting dalam dinamika perkembangan negara, sehingga arsip yang terkait dengan sosok presiden ini harus diselamatkan, dilestarikan dan dimanfaatkan.

Selain GNSTA dan Penyelamatan Arsip Presiden, Kepala ANRI Mustari Irawan juga menyampaikan  isu pengelolaan arsip aset dan Pengajuan Arsip Gerakan Non Blok (GNB) sebagai Memory of the World. Pada kesempatan itu, Pimpinan ANRI beserta jajarannya mengunjungi ruang redaksi harian Kompas. (sa)


Bagikan

Views: 647