08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

KUNJUNGAN KEPALA ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA KE NATIONAL ARCHIVES OF THAILAND

KUNJUNGAN KEPALA ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA KE NATIONAL ARCHIVES OF THAILAND KUNJUNGAN KEPALA ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA KE NATIONAL ARCHIVES OF THAILAND KUNJUNGAN KEPALA ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA KE NATIONAL ARCHIVES OF THAILAND

09

May 23

KUNJUNGAN KEPALA ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA KE NATIONAL ARCHIVES OF THAILAND

Bangkok, Thailand - 09/05/23 - Kepala ANRI, Imam Gunarto beserta jajaran melakukan kunjungan kerja ke Arsip Nasional Thailand (NAT). Kunjungan kerja ini, merupakan sebuah misi untuk melakukan riset pada keberadaan koleksi Indonesia (Nusantara) di dalam custody NAT (Indonesia - Thailand Archives) dan peneguhan kembali komitmen kedua Arsip Nasional dalam pelaksanaan program inskripsi ASEAN Formation Archives pada Register MoWCAP.

ANRI dan NAT telah membahas hasil penelusuran arsip terkait ASEAN Formation yang telah dilakukan oleh tuan rumah serta mendiskusikannya.

Kunjungan, pertemuan, dan diskusi ini berlangsung pada 9 Mei 2023 paralel dengan keikutsertaan anggota delegasi lainnya dalam workshop pada SEAPAVA Conference ke-27, Pattaya, Thailand.


Direktur NAT, Nitcha Jariyasetkarn, menyampaikan kepada Imam Gunarto bahwa riset koleksi Nusantara di NAT memiliki prospek yang sangat baik.

Direktur Nitcha mengungkapkan bahwa, setidaknya, pada periode yang lebih modern, King Chulalangkorn (Rama V, 1868 - 1910) pernah melakukan tiga kali kunjungan ke Pulau Jawa pada 1871, 1896, dan 1901.

King Rama V memiliki koleksi kain Batik Jawa (Nusantara) yang hingga sekarang menempati koleksi Kerajaan dan terpelihara dengan sangat baik di The National Archives in Honor of His Majesty King Bhumibol Adulyadej, King Rama IX, berlokasi di Provinsi Pathumthani. Institusi ini lebih berfokus untuk pelestarian dokumen kearsipan King Rama IX (Ibu Raja, Saudara-saudara perempuan Raja, Anak-anak Raja, dan Permaisurinya- Ratu Sirkit). Dokumen Kearsipan King Rama IV - VIII disimpan di NAT.

Fakta ini telah memberikan sebuah petunjuk bahwa hubungan internasional di Asia Tenggara diantara kerajaan-kerajaan dan pemerintah-pemerintah, atau dinasti-dinasti telah berlangsung sejak lama. 

NAT dan ANRI akan terus mengeksplorasi warisan budaya dokumenter kedua negara yang sangat penting ini untuk membuka konteks narasi sejarah Nusantara secara lebih luas.

Inskripsi ASEAN Formation Archives pada Register MoWCAP merupakan bagian dari tujuan itu, akan tetapi mengambil periode sejarah yang paling mutakhir.

Direktur NAT mengajak Kepala ANRI untuk melakukan observasi selintas pada koleksi arsip pendirian ASEAN yang telah berhasil disusun sejauh ini. 

Nitcha berkomitmen untuk mendukung dan berperan aktif dalam proses inskripsi dan keberhasilan pencapaian tujuannya.

Pada kunjungan ini, Imam Gunarto beserta jajaran berkesempatan untuk melihat fasilitas baru Records Management System NAT.


( MHF )


Penulis : MHF

Bagikan

Views: 624