08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kunjungi ANRI, Deputi PMMK Bappenas Bahas Penajaman Program Kearsipan

Kunjungi ANRI, Deputi PMMK Bappenas Bahas Penajaman Program Kearsipan Kunjungi ANRI, Deputi PMMK Bappenas Bahas Penajaman Program Kearsipan Kunjungi ANRI, Deputi PMMK Bappenas Bahas Penajaman Program Kearsipan Kunjungi ANRI, Deputi PMMK Bappenas Bahas Penajaman Program Kearsipan

22

Apr 24

Kunjungi ANRI, Deputi PMMK Bappenas Bahas Penajaman Program Kearsipan

Jakarta -  22/04/24, Mulai tahun 2024, koordinasi perencanaan dan program di lingkungan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) berpindah mitra yakni dengan Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan (PMMK) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Adapun sebelumnya koordinasi kemitraan ini dilaksanakan dengan Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan. Menyambut hal ini, maka dilaksanakan penajaman perencanaan program kearsipan yang langsung disampaikan Deputi Bidang PMMK Bappenas, Amich Alhumami yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Noerhadi Magetsari, ANRI. Pada kesempatan ini turut hadir Pelaksana Tugas Kepala ANRI, Imam Gunarto, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama, serta para Ketua Tim Kerja di Lingkungan ANRI.

Pada kesempatan ini Amich menyampaikan bahwa sebenarnya ANRI memang lebih pas bermitra bersama dengan Deputi PMMK, karena tugas ANRI menjadi pilar penting dalam perawatan dan penjagaan dokumen sejarah bangsa yang mencerminkan identitas dan jati diri bangsa Indonesia. “Pas rasanya ANRI sekarang bersama PMMK, kebetulan kita akan menyusun RPJMN 2025-2029, bidang kearsipan ini dapat diusulkan pemutakhiran Rancangan Teknokratik RPJMN, yakni Transformasi Kearsipan untuk Mengembangkan Memori Kolektif Bangsa,” terang Amich.

Amich menambahkan harus diakui bahwa saat ini Indonesia masih memiliki kesadaran arsip yang lemah. Oleh karenanya, kesadaran arsip dan reformasi program yang dicanangkan ANRI akan menjadi tantangan tersendiri. “Tetapi, nanti kita dapat bersama-sama agar turut berkontribusi dalam penguatan karakter dan jati diri bangsa Indonesia,” tuturnya.

Sebelum menyampaikan pembahasan penajaman program, Amich juga mengunjungi Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa, Ruang Baca, Depot Arsip, dan Ruang Restorasi Arsip.

( tk )


Foto : Humas ANRI
Penulis : tk
Editor : sa

Bagikan

Views: 134