08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kupas Tuntas Arsip Foto NIGIS menjadi Penutup Rangkaian Kegiatan Pekan MKB

Kupas Tuntas Arsip Foto NIGIS menjadi Penutup Rangkaian Kegiatan Pekan MKB Kupas Tuntas Arsip Foto NIGIS menjadi Penutup Rangkaian Kegiatan Pekan MKB Kupas Tuntas Arsip Foto NIGIS menjadi Penutup Rangkaian Kegiatan Pekan MKB

27

Aug 21

Kupas Tuntas Arsip Foto NIGIS menjadi Penutup Rangkaian Kegiatan Pekan MKB

Jakarta - 27/08/21, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Direktorat Pengolahan menyelenggarakan Talkshow Kupas Tuntas Khazanah Arsip “Inventaris Arsip Foto “Netherlands Indies Government Information Services (NIGIS) yang disajikan melalui YouTube ANRI, 27 Agustus 2021. Pada episode kedua ini, Tim Kupas Tuntas menghadirkan Kris Hapsari, Arsiparis Madya ANRI sebagai narasumber dengan moderator Meyrina Megasari penerjemah Pertama, ANRI.

Menurut Kris Hapsari inventaris arsip NIGIS memiliki keunikan tersendiri diantaranya inventaris arsip NIGIS kurun waktu penciptaan tahun 1942-1946 bahwa informasi periode tersebut tidak banyak ditinggalkan oleh pemerintah pendudukan Jepang. Selain itu, arsip NIGIS pada periode tahun 1942-1946 mengisi informasi tentang periode penjajahan Jepang, sehingga dapat melihat periode pendudukan Jepang di Indonesia dari lensa NIGIS. Adapun inventaris arsip NIGIS ini berisi mengenai sosial, budaya, keagamaan dan militer dari berbagai daerah liputan seperti, Jakarta, Bali, Jawa Timur.

Pada kesempatan ini, dalam paparannya Kris Hapsari menampilkan beberapa contoh arsip foto-foto unik seperti arsip foto mengenai tempat dan kondisi tawanan pada masa penjajahan, arsip foto mengenai pembebasan tawanan, suasana belajar mengajar di sekolah informal pada masa lalu.  

Setelah acara talkshow Kupas Tuntas, Plt. Deputi bidang Konservasi Arsip yang diwakili oleh Direktur Pengolahan, Agus Santoso menutup rangkaian kegiatan Pekan Memori Kolektif Bangsa (MKB). 

“Kami berharap dengan telah diselenggarakannya Pekan MKB ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya arsip statis bagi masyarakat, bangsa dan negara”, terang Agus Santoso. Lebih lanjut Agus Santoso menambahkan bahwa melalui kegiatan Pekan MKB ini, diharapkan seluruh Lembaga Negara, Lembaga Kearsipan Daerah dan Perguruan Tinggi, Perusahaan, Organisasi Politik, Organisasi Massa, dan Perorangan dapat berperan secara lebih aktif untuk mencermati dan mengusulkan arsip statisnya yang mempunyai nilaiguna sekunder ke dalam MKB.

“Semoga hal tersebut dapat direalisasikan dengan baik.  Di samping itu, banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Pekan MKB ini, dalam upaya untuk mewujudkan pelayanan dan pemanfaatan arsip statis yang berkualitas dan prima kepada masyarakat”, tuturnya. (is)

 

( is )


Penulis : is
Editor : Is

Bagikan

Views: 777