08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Laksamana TNI Yudo Margono, Nakhoda di Tengah Samudera Covid-19

Laksamana TNI Yudo Margono, Nakhoda di Tengah Samudera Covid-19

30

Nov 23

Laksamana TNI Yudo Margono, Nakhoda di Tengah Samudera Covid-19

Jakarta - 30/11/2023, Tim Wawancara Sejarah Lisan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan wawancara sejarah lisan terhadap Laksamana Tentara Nasional Indonesia (TNI) Yudo Margono di kediamannya di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Wawancara ini dilaksanakan dalam rangka mengumpulkan informasi berkaitan dengan dampak dan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Pada saat Covid-19 mulai masuk ke Indonesia, Yudo Margono yang lama berkarir di kapal perang menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I dengan pangkat laksamana madya TNI. Beliau bertanggung jawab menyiapkan tempat dan pengelolaan karantina di Pulau Natuna, Pulau Sebaru, Pulau Galang, dan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran.

Upaya keras beliau dalam mengatasi pandemi Covid-19 di wilayah Indonesia bagian barat dianggap berhasil dan diapresiasi Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu, Presiden menganugerahinya jabatan Kepala Staf Angkatan Laut dengan pangkat Laksamana TNI.

Saat menjabat sebagai KASAL, Laksamana TNI Yudo Margono menggerakkan seluruh elemen TNI Angkatan Laut (AL) untuk menggiatkan serbuan vaksinasi di sekitar pangkalan dan daerah pesisir. Kapal-kapal TNI AL dikerahkan untuk menyambangi daerah pesisir dan pulau-pulau terluar untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Kontribusi itu kemudian mengantarkan Laksamana TNI Yudo Margono pada pengangkatan sebagai Panglima TNI (2022 – 2023).

( MP )

 


Penulis : MP
Editor : tk

Bagikan

Views: 2269