Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Malam Puncak Peringatan dan Penghargaan Hari Kearsipan ke-50: “Tahun Emas Kearsipan: Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital”

Malam Puncak Peringatan dan Penghargaan Hari Kearsipan ke-50: “Tahun Emas Kearsipan: Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital” Malam Puncak Peringatan dan Penghargaan Hari Kearsipan ke-50: “Tahun Emas Kearsipan: Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital” Malam Puncak Peringatan dan Penghargaan Hari Kearsipan ke-50: “Tahun Emas Kearsipan: Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital” Malam Puncak Peringatan dan Penghargaan Hari Kearsipan ke-50: “Tahun Emas Kearsipan: Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital”

09

Jun 21

Malam Puncak Peringatan dan Penghargaan Hari Kearsipan ke-50: “Tahun Emas Kearsipan: Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital”

Jakarta - 09/06/21,  

Jakarta (9/5/2021) – Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan kegiatan Malam Puncak Peringatan Hari Kearsipan ke-50 dengan tema: “Tahun Emas Kearsipan: Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital”, yang dilaksanakan pada Rabu, 9 Juni 2021 di Gedung Arsip Nasional jalan Gajah Mada, nomor 111, Jakarta. Kegiatan ini menjadi momen emas untuk merangkum pencapaian penyelenggaraan kearsipan sejak tahun 1971 juga sekaligus menjadi momen lepas landas di bidang kearsipan untuk memasuki era digital dengan tingkat kesiapan yang lebih matang.

“Peringatan Hari Kearsipan ke-50 ini kami mengambil tema “Tahun Emas Kearsipan: Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital” tentunya hal ini memiliki makna yang sangat penting dan mendalam, karena di era Revolusi Industri 4.0 ditambah dengan adanya Pandemi Covid-19 ini, segala sektor kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara tidak luput dari teknologi informasi digital yang sangat berdampak di bidang kearsipan”, terang Plt. Kepala ANRI, M. Taufik dalam laporannya.

Lebih lanjut M. Taufik menambahkan bahwa Malam Puncak Peringatan Hari Kearsipan merupakan rangkaian Peringatan Tahun Emas Kearsipan di Indonesia. Sebelumnya diawali dengan Upacara Hari Kearsipan, Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan, dan Eksibisi Virtual Kearsipan Indonesia diikuti oleh seluruh Kementerian/Lembaga/Daerah, serta Pemberian Penghargaan Kearsipan atas capaian kinerja pemerintah pusat dan daerah. Seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai momentum untuk meningkatkan motivasi, memupuk rasa kecintaan terhadap tanah air, bangsa, melalui tanggungjawab di bidang kearsipan.

Melalui Peringatan Hari Kearsipan Ke-50, penyelenggaraan Sistem Kearsipan Nasional memperoleh tambahan energi positif dan spirit yang baru untuk meningkatkan perannya dalam memberikan manfaat secara nyata dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pentingnya inovasi dalam pengelolaan kearsipan. Presiden Jokowi meminta agar cara-cara lama dalam pengarsipan ditinggalkan. Seperti pengelolaan arsip yang tidak efisien, akses yang lamban, dan memerlukan waktu lama untuk menemukannya. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat acara puncak Peringatan Hari Kearsipan Ke-50 melalui virtual, Rabu (9/6/2021). "Pengelolaan Arsip harus dilakukan dengan cara-cara baru dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital," terang Presiden Jokowi. Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa negara-negara di dunia saat ini sedang berlomba-lomba untuk berinovasi dalam menciptakan arsip berbasis elektronik.

Pada Puncak Malam peringatan Hari Kearsipan Ke-50, dilaksanakan pula penghargaan kearsipan yang diberikan kepada Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah yang memperoleh nilai hasil pengawasan terbaik, yakni tiga peringkat terbaik pada lima kategori. Kelima kategori itu antara lain: Kementerian, Lembaga Pemerintah Nonkementerian, Lembaga Tinggi Negara/Lembaga Non Struktural/Lembaga Penyiaran Publik, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Pengawasan kearsipan dilaksanakan terhadap 634 Kementerian/ Lembaga/ Daerah dengan menilai 4 aspek yaitu: aspek kebijakan, aspek pembinaan, aspek pengelolaan arsip dinamis, dan aspek sumber daya kearsipan.

Pada kesempatan ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi didampingi oleh Plt. Kepala ANRI menyerahkan penghargaan kepada instansi yang memperoleh peringkat tiga terbaik. (ER/IS)

 

 

 

 

( ER/IS )