08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Mantan Konjen AS Apresiasi Pelestarian Arsip Tsunami di BAST

Mantan Konjen AS Apresiasi Pelestarian Arsip Tsunami di BAST Mantan Konjen AS Apresiasi Pelestarian Arsip Tsunami di BAST Mantan Konjen AS Apresiasi Pelestarian Arsip Tsunami di BAST

21

Jul 24

Mantan Konjen AS Apresiasi Pelestarian Arsip Tsunami di BAST

Banda Aceh - 21/07/24, Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan Mantan Konsul Jenderal Amerika Serikat (AS) di Medan, Paul S. Berg. Kunjungan ini dilaksanakan usai kegiatan Bincang Santai Minggu Pagi bertema  “Refleksi Bantuan Kemanusiaan 20 Tahun Tsunami Aceh” yang dilaksanakan oleh Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Universitas Syiah Kuala (USK) di Gedung TDMRC, 21 Juli 2024.

Pada kesempatannya, Paul sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BAST dalam mengelola dan melestarikan arsip-arsip tsunami sehingga sampai saat ini masih terus bisa dimanfaatkan oleh publik. 

“Saya baru tahu kalau ada lembaga khusus yang menyimpan arsip-arsip tsunami maupun arsip-arsip rehabilitasi dan rekonstruksi NAD-Nias disini,” ungkap Paul.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan oleh BAST sangat bermanfaat dan perlu dilakukan secara berkelanjutan. Paul menambahkan bahwa keberadaan lembaga seperti BAST sangat penting guna memastikan bahwa generasi mendatang dapat belajar dari masa lalu dan memahami pentingnya persiapan dan mitigasi bencana.

Sebelumnya dalam kegiatan Bincang Santai Minggu Pagi di TDMRC, Paul yang juga merupakan narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan bagaimana kekagumannya terhadap masyarakat Aceh yang dapat bangkit kembali begitu cepat pascatsunami, tentunya faktor spiritual masyarakat Aceh berperan penting dalam proses kebangkitan ini. (han)


Foto : BAST ANRI
Penulis : han
Editor : sa

Bagikan

Views: 36