08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Masa Depan Arsip, Sejarah dan Budaya di Era Metaverse

Masa Depan Arsip, Sejarah dan Budaya di Era Metaverse Masa Depan Arsip, Sejarah dan Budaya di Era Metaverse Masa Depan Arsip, Sejarah dan Budaya di Era Metaverse Masa Depan Arsip, Sejarah dan Budaya di Era Metaverse

05

Dec 22

Masa Depan Arsip, Sejarah dan Budaya di Era Metaverse

Jakarta - 05/12/22 - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan Nusameta dan Komunitas Historia Indonesia menginisiasi dan mempelopori gerakan sadar arsip, sejarah dan udaya memasuki gerbang metaverse melalui kolaborasi kegiatan workshop dengan tema “Masa Depan Arsip, Sejarah dan Budaya di Era Metaverse: Mengenal Fungsi Metaverse dalam Melestarikan Sejarah dan Budaya Indonesia” secara daring dan luring di Ruang Serbaguna Noerhadi Magetsari, Senin (5/12). Acara ini juga ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube Arsip Nasional RI. 

Dalam pembukaan dan sambutan, Kepala ANRI Imam Gunarto menyampaikan bahwa kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya karena ANRI akan mengembangkan sistem kearsipan di masa depan. 

“Hal ini merupakan pertama kali yang dilakukan ANRI dalam membahas sistem kearsipan di era metaverse. Sistem aplikasi kearsipan sudah diaplikasikan sejak lama namun belum terintegrasi secara optimal. Masa depan arsip sejarah dan budaya di era metaverse akan penuh dengan tanda tanya. Oleh karena itu kita akan bersama sama mencari tahu dan solusi dalam pembahasan di workshop kali ini,” jelas Kepala ANRI. 

Kepala ANRI menambahkan, melalui metaverse yang melampui realitas, akan sangat menarik apabila dapat mengakses aplikasi-aplikasi metaverse untuk masa depan arsip, sejarah dan budaya Indonesia. “Saat ini kita harus berpikir untuk mengarsipkan masa depan, sangat penting untuk dilakukan. Maka pada kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya agar dapat mengoptimalkan transformasi digital,” papar Kepala ANRI, Imam Gunarto. 

Dalam workshop ini turut hadir narasumber yang kompeten, baik terkait dengan kearsipan, sejarah, budaya, dan teknologi metaverse. Sesi pertama membahas tentang peran komunitas dan teknologi metaverse yang menghadirkan CEO Nusameta,  Stephen Ng dan Presiden Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan dengan topik Enter the Metaverse dengan narasumber Kepala Meta Space Solutions, Joshua Budiman dan Kepala Blockhain Solutions, Aldi Raharja yang dipandu oleh Pranata Humas Ahli Muda ANRI, Tiara Kharisma. Adapun sesi kedua yang membahas tentang Opportunity in Metaverse Practice Metaverse AR VR, menghadirkan narasumber Ketua NFT Solutions, Pungkas dan dipandu oleh Pranata Humas Ahli Muda ANRI, Erieka Nurlidya Utami. (sa)

 

 


Penulis : sa

Bagikan

Views: 943