08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Melestarikan Arsip Statis dengan Digitalisasi Melestarikan Arsip Statis dengan Digitalisasi Melestarikan Arsip Statis dengan Digitalisasi Melestarikan Arsip Statis dengan Digitalisasi Melestarikan Arsip Statis dengan Digitalisasi

25

Aug 20

Melestarikan Arsip Statis dengan Digitalisasi

Jakarta (25/8/2020), Setelah melaksanakan dua sesi diskusi daring tentang preservasi arsip, kali ini Direktorat Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kembali menghelat diskusi daring sesi III bertajuk “Digitalisasi Arsip”. Arsiparis Madya yang juga selaku Koordinator Kelompok Reproduksi dan Digitalisasi Arsip, Saptono Putro Edi Nugroho menyampaikan bahwa digitalisasi arsip statis memiliki beberapa tujuan, di antaranya digitalisasi menjadi salah satu strategi pelestarian arsip pada masa kini (mengikuti perkembangan teknologi), arsip juga dapat diakses melalui sistem komputer baik secara daring maupun luring serta arsip dapat terpelihara dan dijaga di local repository atau cloud storage.

Ditambahkan oleh Edi bahwa dalam pelaksanaan kerja digitalisasi, ada beberapa alur yang dilalui, yaitu meliputi persiapan, pelaksanaan/proses, verifikasi/quality control, pembuatan berita acara dan autentikasi. Hasil alih media arsip ini pun diautentikasi oleh pimpinan langsung dengan dibuatkan Berita Acara Hasil Alih Media. Sementara itu, dalam metode seleksi arsip dilakukan berdasarkan intensitas penggunaan, kondisi arsip yang mulai rusak atau akan hilang informasinya dan kepentingan mendesak seperti halnya untuk kepentingan publikasi atau pameran.

Pada kesempatan yang sama Arsiparis Muda ANRI, Kurniawan Budi Santoso juga turut membagikan pengalaman mengenai digitalisasi arsip statis pada proyek Sejarah Nusantara – Khazanah arsip Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) (dapat diakses pada laman https://sejarah-nusantara.anri.go.id/) kepada peserta. Adapun khazanah arsip VOC ini telah diakui UNESCO menjadi Memory of the World pada tahun 2004, sehingga aksesibilitasnya harus mudah diperoleh publik.

Diskusi daring sesi III ini memperoleh antusias yang luar biasa dari publik. Hal ini salah satunya terlihat berdasarkan jumlah peserta yang mendaftar mencapai 3.192 orang. Adapun peserta ini berasal dari berbagai kategori, di antaranya instansi pemerintah tingkat pusat dan daerah, perguruan tinggi dan mahasiswa. Materi diskusi seri III ini dapat diunduh pada tautan https://anri.go.id/publikasi/materi-kegiatan  Selanjutnya, seri ke-4 diskusi daring membahas tema Restorasi Arsip Terdampak Bencana yang rencananya akan dilaksanakan pada 9 September 2020.

( tk )


Penulis : tk
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 1980