08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Melihat Kembali Khazanah Arsip Kelahiran Pancasila

Melihat Kembali Khazanah Arsip Kelahiran Pancasila Melihat Kembali Khazanah Arsip Kelahiran Pancasila Melihat Kembali Khazanah Arsip Kelahiran Pancasila Melihat Kembali Khazanah Arsip Kelahiran Pancasila Melihat Kembali Khazanah Arsip Kelahiran Pancasila

02

Jun 22

Melihat Kembali Khazanah Arsip Kelahiran Pancasila

Jakarta, 1/6/2022 - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian memiliki salah satu tugas dalam menjamin keselamatan dan keamanan arsip sebagai bukti pertangungjawaban nasional. Arsip merupakan memori kolektif, identitas dan jati diri bangsa dan arsip adalah informasi publik yang autentik dan terpercaya.

Berkaitan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila, Arsiparis Madya yang juga selaku Koordinator Kelompok Substansi Pemanfaatan dan Penerbitan Naskah Sumber, Mira Puspita Rini dalam paparannya pada acara talkshow Pancasila dalam Khazanah Arsip, 1 Juni 2022 menyampaikan bahwa arsip mengenai Pancasila menjadi bukti pertanggungjawaban nasional, memori kolektif bangsa, identitas dan jati diri bangsa. "Jadi ketika masyarakat atau publik ingin memperoleh informasi tentang Pancasila yang autentik, utuh, dan terpercaya, pesan saya jangan kemana-mana, tapi ke Arsip Nasional," ungkapnya.

Mira menambahkan bahwa arsip mengenai kelahiran Pancasila dapat dilihat pada khazanah Arsip Muhammad Yamin, Arsip Abdul Karim Pringgodigdo, Arsip Sekretaria Negara Seri Pidato Presiden Sukarno, Arsip Sekretariat Negara Seri Produk Hukum, Arsip Film PPFN Seri Pidato Sukarno, Arsip Film PPFN Seri Gelora Indonesia, dan khazanah Arsip Foto IPPHOS. 

( is )


Penulis : is
Editor : tk

Bagikan

Views: 1508