08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Mendukung Kalimantan Timur Kuat dan Berdaulat, Dinas Perpustakaan & Arsip Provinsi Kalimantan Timur Selenggarakan Rapat Koordinasi Bidang Literasi & Bidang Kearsipan Tingkat Provinsi

Mendukung Kalimantan Timur Kuat dan Berdaulat, Dinas Perpustakaan & Arsip Provinsi Kalimantan Timur Selenggarakan Rapat Koordinasi Bidang Literasi & Bidang Kearsipan Tingkat Provinsi Mendukung Kalimantan Timur Kuat dan Berdaulat, Dinas Perpustakaan & Arsip Provinsi Kalimantan Timur Selenggarakan Rapat Koordinasi Bidang Literasi & Bidang Kearsipan Tingkat Provinsi

18

Mar 22

Mendukung Kalimantan Timur Kuat dan Berdaulat, Dinas Perpustakaan & Arsip Provinsi Kalimantan Timur Selenggarakan Rapat Koordinasi Bidang Literasi & Bidang Kearsipan Tingkat Provinsi

Maratua, Kabupaten Berau - 15/03/22. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, Imam Gunarto, memberikan materi Strategi dan Kebijakan Nasional dalam Penguatan Data Nasional di Bidang Kearsipan dalam Rapat Koordinasi Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur yang diselenggarakan di Pratasaba Resort, Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan rapat koordinasi ditandai oleh sambutan dan pemukulan gong oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur,  H. Hadi Mulyadi, yang didampingi Wakil Bupati Berau, Gamalis.

“Tertib arsip harus dimulai dari kesadaran di tingkat pribadi, hal ini sudah saya terapkan pada diri saya sendiri, dimana seluruh catatan perjalanan diri saya sampai sekarang terdokumentasi dan tersimpan dengan rapi, melalui kesadaran pribadi harus bisa berkembang menjadi contoh yang dapat diterapkan dalam pelaksanaan fungsi pemerintahan dimana seluruh kinerja harus didokumentasikan dan disimpan secara tertib sebagai bentuk upaya “ ungkap H. Hadi Mulyadi dalam sambutannya di hadapan 200 peserta yang berasal dari perwakilan pemerintah kabupaten/kota di lingkungan Provinsi Kalimantan Timur.

Lebih lanjut H. Hadi Mulyadi menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan berkomitmen untuk terus mengembangkan bidang literasi dan bidang kearsipan khususnya dalam menunjang pembangunan dan operasional Ibukota Negara Baru Nusantara.

Sementara itu, Imam Gunarto dalam pemaparan materi menyampaikan hasil pengawasan kearsipan tahun 2021 dimana Provinsi Kalimantan Timur memerlukan peningkatan kualitas penyelenggaraan kearsipan yang didukung komitmen dari Pemerintah Daerah. “Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah menunjukkan upaya yang signifikan dalam penyelenggaraan kearsipan, diharapkan dalam kegiatan pengawasan kearsipan berikutnya, kabupaten/kota di lingkungan Provinsi Kalimantan Timur dapat terus dibina dan ditingkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan di lingkungan masing-masing” ungkap Imam Gunarto. Imam Gunarto kemudian menyampaikan beberapa kebijakan terkait dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Memori Kolektif Bangsa, dan peran bidang kearsipan dalam pembangunan Ibu kota Negara Baru Nusantara.

( AM )


Penulis : AM

Bagikan

Views: 1088