08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Menelusuri Arsip Ratu Kalinyamat, Kepala ANRI Berkunjung ke Jepara

Menelusuri Arsip Ratu Kalinyamat, Kepala ANRI Berkunjung ke Jepara Menelusuri Arsip Ratu Kalinyamat, Kepala ANRI Berkunjung ke Jepara Menelusuri Arsip Ratu Kalinyamat, Kepala ANRI Berkunjung ke Jepara Menelusuri Arsip Ratu Kalinyamat, Kepala ANRI Berkunjung ke Jepara Menelusuri Arsip Ratu Kalinyamat, Kepala ANRI Berkunjung ke Jepara

23

Jun 23

Menelusuri Arsip Ratu Kalinyamat, Kepala ANRI Berkunjung ke Jepara

Jepara - 23/06/23, Jepara - Kepala ANRI, Imam Gunarto didampingi Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar melaksanakan kunjungan kerja ke Jepara dan beraudiensi dengan Pj. Bupati Jepara, Edy Supriyanto. Jumat (23/6/23). Imam menyampaikan maksud kedatangannya ke Jepara dalam rangka menyampaikan proses perkembangan penominasian Arsip Kartini sebagai MOW.

"Kami melaporkan bahwa proses Pengajuan Arsip Kartini  sebagai MOW  sudah mencapai 80%, dan pembahasan dengan Arsip Nasional Belanda dan Universitas Leiden sudah berjalan dengan baik",  ujarnya.

Imam juga mengatakan, mendorong agar Arsip Ratu Kalinyamat untuk dinominasikan sebagai Memori Kolektif Bangsa (MKB) dan memohon dukungan dalam menelusuri Arsip-arsip Ratu Kalinyamat yang berada di Jepara.

"Kita ingin memperpanjang sumber sejarah kita untuk waktu yg lebih tua karena sekarang sumber sejarah kita adalah sumber sejarah modern. Karena pada masa itu ada kerajaan-kerajaan hebat yang melakukan 'commericial maritime' termasuk yg ada dijepara", ujar Imam.

Disamping itu, Imam juga menghimbau dan memohon kepada Bupati dan perangkat daerah di desa untuk menulis dan merekam tentang sejarah lokal Desanya untuk kepentingan Memori Kolektif Bangsa.

"Selama ini sejarah ditulis oleh penguasa, bagaimana sekarang kita buat sejarah ditulis oleh masyarakat sendiri, "ujar Imam di depan perangkat Pemerintah Daerah Jepara.

Sebelumnya, di hari yang sama, Imam beserta rombongan juga berkunjung serta berziarah ke Makam Ratu Kalinyamat.

( Hez/nul )


Penulis : Hez/nul

Bagikan

Views: 1076