08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

MENELUSURI INFORMASI DAN BERKOLABORASI DEMI MELENGKAPI URAIAN INFORMASI DESKRIPSI

MENELUSURI INFORMASI DAN BERKOLABORASI DEMI MELENGKAPI URAIAN INFORMASI DESKRIPSI MENELUSURI INFORMASI DAN BERKOLABORASI DEMI MELENGKAPI URAIAN INFORMASI DESKRIPSI MENELUSURI INFORMASI DAN BERKOLABORASI DEMI MELENGKAPI URAIAN INFORMASI DESKRIPSI MENELUSURI INFORMASI DAN BERKOLABORASI DEMI MELENGKAPI URAIAN INFORMASI DESKRIPSI MENELUSURI INFORMASI DAN BERKOLABORASI DEMI MELENGKAPI URAIAN INFORMASI DESKRIPSI MENELUSURI INFORMASI DAN BERKOLABORASI DEMI MELENGKAPI URAIAN INFORMASI DESKRIPSI MENELUSURI INFORMASI DAN BERKOLABORASI DEMI MELENGKAPI URAIAN INFORMASI DESKRIPSI MENELUSURI INFORMASI DAN BERKOLABORASI DEMI MELENGKAPI URAIAN INFORMASI DESKRIPSI

13

May 24

MENELUSURI INFORMASI DAN BERKOLABORASI DEMI MELENGKAPI URAIAN INFORMASI DESKRIPSI

Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar (13-17/05/2014) Tim Arsiparis Direktorat Pengolahan melakukan kegiatan penelusuran sumber arsip untuk melengkapi data informasi sebagai bahan penyusunan Inventaris Arsip Foto Kementerian Penerangan Wilayah Jakarta Tahun 1958 s.d. 1965. Kegiatan penelusuran ini dilaksanakan di beberapa lokus, yaitu: Semarang (Harian Suara Merdeka dan Perpustakan Kota Semarang), Solo (Monumen Pers Nasional),  Yogyakarta (Jogjakarta Library Center dan Kantor Redaksi Kedaulatan Rakyat), Surabaya (Dinas Perpustakaan Arsip Kota Surabaya, Museum TNI Angkatan Laut Surabaya, Perpustakaan Medayu Agung, dan Perpustakaan Kota Surabaya), Makassar (Gedung Societeit De Harmonie, Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat, Museum La Galigo, Perpustakaan Gedung Mulo Dinas Pariwisata, dan Perpustakaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan).

Kegiatan Penelusuran Sumber Arsip dan Rereferensi dilakukan untuk  mengumpulakan data atau referensi yang relevan dengan penyusunan Inventaris Arsip Foto Kementerian Penerangan yang uraian informasinya berkolerasi dengan tokoh nasional dan peristiwa nasional  yang terjadi di Jakarta antara tahun 1958 s.d. 1965.

Dalam penyusunan inventaris arsip foto, tahapan deskripsi arsip merupakan tahapan yang paling krusial karena pada tahapan inilah penuangan substansi informasi dari sebuah arsip foto dilakukan. Namun tahapan ini harus didukung dengan kelengkapan sumber data dan refrensi yang baik, yang salah satunya didapat melalui penelusuran sumber refrensi ke instansi yang memiliki informasi yang relevan dengan arsip statis yang diolah.

( ANF, NTR )


Foto : Direktorat Pengolahan
Penulis : ANF, NTR
Editor : is

Bagikan

Views: 79