08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Menelusuri Jejak Kelahiran Sukarno di Kota Surabaya

Menelusuri Jejak Kelahiran Sukarno di Kota Surabaya Menelusuri Jejak Kelahiran Sukarno di Kota Surabaya Menelusuri Jejak Kelahiran Sukarno di Kota Surabaya Menelusuri Jejak Kelahiran Sukarno di Kota Surabaya

13

Jul 23

Menelusuri Jejak Kelahiran Sukarno di Kota Surabaya

Surabaya - 13/07/2023, Menelusur jejak sejarah Presiden Sukarno, tidak dapat terlepas dari peristiwa kelahiran dari Putra Sang Fajar. Meskipun demikian, terdapat perbedaan pendapat di masyarakat terkait lokasi kelahiran Presiden Sukarno. Sebagian berpendapat di Blitar, sebagian yang lain bependapat bahwa Presiden Sukarno lahir di Surabaya. Perbedaan pendapat tersebut menjadi konsiderasi Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan penelusuran arsip terkait kelahiran dari Presiden Sukarno yang dilaksanakan di Ruang Baca ANRI, Berdasarkan hasil penelusuran tersebut, diperoleh informasi bahwa Presiden Sukarno lahir di Surabaya.

Penelusuran lebih lanjut dilakukan tim penelusur Pusdipres di Surabaya. Tim penelusur yang terdiri dari Widhi S Putro, Octavia S, M. Tama Bara Sakti, Hanif A Rahman, Rifa F Salsabela dan Wahyu S Budi dan didampingi Dosen dari Universitas Ciputra, Surabaya, FX Domini BB Hera yang merupakan. Berdasarkan informasi yang dipaparkan FX Domini BB Hera, jalan Pandean IV no. 40, Peneleh, Surabaya, Jawa Timur merupakan kluster dari wilayah diaspora masyarakat Bali. Selain itu, di area tersebut juga terdapat area pemakaman Belanda. Pada rumah kelahiran Presiden Sukarno, terdapat beberapa fitur yang memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi tentang registrasi pengunjung, panel informasi mengenai kedua orang tua Presiden Sukarno, pameran audio-visual dan interaksi infografis mengenai Presiden Sukarno.

Tim penelusur juga dipandu oleh pemandu yang bernama Deka. Pada pemanduannya, Deka menginformasikan bahwa saat ini sedang menyusun pameran Presiden Sukarno dan mengharapkan kerja sama dengan Pusdipres terkait program tersebut.

( OT )

 


Penulis : OT
Editor : tk

Bagikan

Views: 772