08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Mengawali Tahun 2024, Kedeputian Konservasi Arsip Selenggarakan Rakor Internal ANRI

Mengawali Tahun 2024, Kedeputian Konservasi Arsip Selenggarakan Rakor Internal ANRI Mengawali Tahun 2024, Kedeputian Konservasi Arsip Selenggarakan Rakor Internal ANRI Mengawali Tahun 2024, Kedeputian Konservasi Arsip Selenggarakan Rakor Internal ANRI Mengawali Tahun 2024, Kedeputian Konservasi Arsip Selenggarakan Rakor Internal ANRI Mengawali Tahun 2024, Kedeputian Konservasi Arsip Selenggarakan Rakor Internal ANRI Mengawali Tahun 2024, Kedeputian Konservasi Arsip Selenggarakan Rakor Internal ANRI

18

Jan 24

Mengawali Tahun 2024, Kedeputian Konservasi Arsip Selenggarakan Rakor Internal ANRI

Jakarta, 18/01/2024. Bertempat di Ruang Noerhadi Magetsari Gedung C lantai 2 ANRI, Kedeputian Bidang Konservasi Arsip menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) secara hybrid (daring dan luring) yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Kedeputian Bidang Konservasi Arsip. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Plt. Kepala ANRI, para pejabat tinggi pratama dan madya di lingkungan ANRI, serta perwakilan dari unit-unit kerja lainnya.

Dalam arahannya, Plt. Kepala ANRI Imam Gunarto menyampaikan bahwa penguatan proses bisnis pengelolaan arsip statis yang merupakan core business dari Kedeputian Bidang Konservasi Arsip agar selalu berorientasi pelayanan. Selain itu, peranan penting Kedeputian Bidang Konservasi Arsip dalam kegiatan Memori Kolektif Bangsa menjadi ujung tombak terselamatkannya arsip yang bernilai guna sehingga dapat digunakan sebagai rujukan informasi dan pengetahuan di masa kini dan masa yang akan datang.

Oleh karena itu, kegiatan pengelolaan arsip statis yang dilakukan oleh Kedeputian Bidang Konservasi Arsip mulai dari Akuisisi, Pengolahan, Preservasi, serta Layanan dan Pemanfaatan harus mendapat dukungan dan sinergitas dari semua unit terkait di lingkungan ANRI.

Kandar selaku Deputi Bidang Konservasi Arsip dalam paparannya menyampaikan capaian kinerja yang telah dilakukan pada Tahun 2023 serta program kerja yang akan dilakukan pada Tahun 2024 seperti Penyelamatan Arsip Tematik Covid dan Kemaritiman, Akselerasi Pengolahan Arsip, Konferensi Internasional SEAPAVAA, Preservasi Arsip Keraton, Layanan dan Pameran, Memori Kolektif Bangsa, dan program lainnya.

Kandar menyampaikan bahwa untuk mencapai pengelolaan arsip statis sebagaimana yang telah disampaikan, diperlukan dukungan dan sinergitas terkait kebutuhan dan kompetensi SDM, sarana prasarana, infrastuktur maupun kegiatan lainnya dari semua unit, mulai dari Sekretaris Utama, Deputi Bidang Pembinaan serta Deputi Pengembangan dan Informasi Kearsipan.

Semoga dengan kegiatan Rakor ini, sinergitas pengelolaan arsip statis di ANRI menjadi lebih baik sehingga arsip tujuan arsip sebagai simpul pemersatu bangsa dapat terwujud, terang Wawan selaku Direktur akuisisi yang menjadi moderator pada Rakor ini. 

( PN )


Foto : Biro Renmas dan Direktorat Preservasi
Penulis : PN
Editor : is

Bagikan

Views: 279