08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Menteri PANRB Membuka Rakornas Kearsipan Tahun 2023

Menteri PANRB Membuka Rakornas Kearsipan Tahun 2023 Menteri PANRB Membuka Rakornas Kearsipan Tahun 2023 Menteri PANRB Membuka Rakornas Kearsipan Tahun 2023 Menteri PANRB Membuka Rakornas Kearsipan Tahun 2023 Menteri PANRB Membuka Rakornas Kearsipan Tahun 2023 Menteri PANRB Membuka Rakornas Kearsipan Tahun 2023

22

May 23

Menteri PANRB Membuka Rakornas Kearsipan Tahun 2023

Banyuwangi - 22/05/23 - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas hadir  membuka dan memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kearsipan Tahun 2023 dalam rangka Hari Kearsipan ke-52 Tahun 2023 di Blambangan Ballroom, Hotel El-Royal, Banyuwangi, Jawa Timur (22/5).

Dalam arahannya pada Rakornas Kearsipan Tahun 2023, Abdullah Azwar Anas menyampaikan dan menekankan arahan Presiden Joko Widodo tentang Reformasi Birokrasi. “Kita harus bergerak untuk reformasi birokrasi berdampak,” ujar Menteri PANRB. “Kemudian, yang kedua, birokrasi ini bukan tumpukan kertas, dan yang ketiga birokrasi ini harus lincah dan cepat,” tambahnya.

Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, menurut Abdullah Azwar Anas perlu diadakannya strategi dan cara untuk melipat gandakan capaian, tidak mungkin tanpa digitalisasi dan harus menentukan skala prioritas. 

“Birokrasi ini engine,” ujar Menteri PANRB. “Maka, kalau pelayanan negara ingin bagus, birokrasinya mesti kita perbaiki bersama-sama dan itu adalah tugas kita bersama.”

Arahan yang diberikan pada acara Rakornas Kearsipan Tahun 2023 ini menerjemahkan arahan Presiden Joko Widodo terkait Program Prioritas Kemeterian PANRB, antara lain pemangkasan proses bisnis layanan kepegawaian, penerapan reformasi birokrasi tematik, transformasi profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) berbasis digital, akselerasi pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP) dan MPP digital di seluruh Indonesia, penguatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), percepatan penyusunan kebijakan kelembagaan, tata Kelola, dan ASN menuju IKN Nusantara dan DOB Papua, serta transformasi sistem Pendidikan ASN mendukung percepatan reformasi birokrasi tematik.

“Terkait dengan kearsipan, kami yakin dengan langkah yang disampaikan oleh teman-teman ANRI, Kementerian/Lembaga sekarang melangkah tidak lagi dengan manual, tapi dengan digital. Sehingga Memori Kolektif Bangsa tentu akan terawat dengan baik dan saya yakin ke depan anak-anak, cucu kita akan bisa mendapatkan ini dengan baik di masa mendatang,” jelas Menteri PANRB.

Abdullah Azwar Anas turut mengapresiasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI). Ia mengungkapkan bahwa migrasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika agar segera dijembatani dan pada tahun 2024 semua harus sudah diintegrasikan. 

Dalam akhir arahannya, Menteri PANRB memberikan ucapan selamat kepada ANRI dan Banyuwangi atas terselenggaranya acara Rakornas Kearsipan Tahun 2023 dalam rangka memperingati Hari Kearsipan ke-52 Tahun 2023, serta melakukan peresmian pembukaan secara simbolis acara Rakornas Kearsipan Tahun 2023 didampingi Kepala ANRI, Imam Gunarto serta Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani. (RRA)


Penulis : RRA

Bagikan

Views: 1080