08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Menuju Lembaga Kearsipan Berkelas Dunia, ANRI Jalin Kerjasama dengan Institusi Luar Negeri

Menuju Lembaga Kearsipan Berkelas Dunia, ANRI Jalin Kerjasama dengan Institusi Luar Negeri

14

Mar 13

Menuju Lembaga Kearsipan Berkelas Dunia, ANRI Jalin Kerjasama dengan Institusi Luar Negeri

Jakarta, 14 Maret 2013

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menjalin kerjasama dengan institusi luar negeri. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas manajemen, pemanfaatan dan pengelolaan arsip di Indonesia pada umumnya dan di ANRI pada khususnya. Institusi luar negeri tersebut antara lain adalah Nationaal Archief (Arsip Nasional Belanda), The Archives Jugoslavije of Republic of Serbia (Arsip Nasional Serbia), Koninklijke Instituut voor Taal, Land, – en Volkenkunde/KITLV (Lembaga Penelitian Kerajaan Belanda untuk Daerah Tropis), dan Universiteit van Amsterdam (Universitas Amsterdam). Acara ini berlangsung di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Rabu malam (13/1).

Kerjasama antara ANRI dan Arsip Nasional Belanda menekankan pada peningkatan kerjasama dalam lingkup warisan budaya, dokumentasi sejarah, manajemen kearsipan, serta pendidikan dan pelatihan dalam bidang kearsipan. Pihak ANRI diwakili oleh M. Asichin selaku Kepala ANRI dan dari pihak Arsip Nasional Belanda diwakili oleh Ted Stimmer. Hadir dalam penandatangan kerjasama ini, Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Tjeerd F. de Zwaan.

ANRI menggandeng Arsip Nasional Serbia dalam upaya meningkatkan kejasama dalam pengelolaan arsip kedua negara. Sebagaimana diketahui, hubungan baik antara Indonesia dan Yugoslavia sudah berlangsung sejak lama, ketika keduanya tergabung dalam Gerakan Non Blok. Pihak Serbia diwakili oleh Kepala Arsip Nasional Serbia, Miladin Milosevic. Penandatangan kerja sama ini disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Serbia, Semuel Samson dan Duta Besar Serbia untuk RI, Jovan Jovanovic.

Selain bekerja sama dengan lembaga kearsipan mancanegara, ANRI juga menandatangani kerjasama dengan KITLV yang diwakili oleh Roger Toll. Kerjasama ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan aksesibilitas dan publikasi terhadap khazanah arsip. Sementara itu, ANRI juga menggandeng Universiteit van Amsterdam (UvA) dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia dan ilmu kearsipan melalui pendidikan formal, pascasarjana, dan doktoral. Pihak UvA diwakili oleh Theo Tomassen.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilaksanakan dalam acara Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) dalam rangka Penyelarasan Program Pembinaan Kearsipan yang diikuti oleh 500 orang peserta yang terdiri dari Kepala Lembaga Kearsipan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota dari berbagai wilayah di Indonesia. “Tujuan Rakorwil ini adalah untuk menyelaraskan program pembinaan kearsipan antara pemerintah pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan pemahaman tentang pengelolaan arsip yang bekesinambungan”, jelas M. Asichin. 

Selain itu penganugerahan sertifikat Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) kepada Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa (DSPB) ANRI. MURI memberikan penghargaan kepada DSPB ANRI sebagai diorama yang menggunakan arsip terbanyak. Penghargaan ini diserahkan oleh Ketua MURI, Jaya Suprana.

Dalam kesempatan ini dilakukan juga pemberian sertifikat ISO kepada Pusat Jasa Kearsipan ANRI dan deklarasi zona integritas yang menyatakan bahwa ANRI adalah organisasi bebas korupsi. (HMS)

 


Bagikan

Views: 4534