08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

MEWUJUDKAN REVOLUSI MENTAL MELALUI IMPLEMENTASI INPROVISIA

MEWUJUDKAN REVOLUSI MENTAL MELALUI IMPLEMENTASI INPROVISIA

01

Dec 16

MEWUJUDKAN REVOLUSI MENTAL MELALUI IMPLEMENTASI INPROVISIA

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) laksanakan Pencanangan Gerakan Nasional Revolusi Mental (01/12). Acara ini merupakan implementasi dari Reformasi Birokrasi dan amanat Presiden Republik Indonesia tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental pada pidato kenegaraan di Dewan Perwakilan Daerah pada tanggal 14 Agustus 2015. Hal ini juga masuk dalam agenda Nawacita (Dimensi Pembangunan Manusia) yang menjadi arah pembangunan Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla tahun 2015 – 2019.

Pencanangan Gerakan Nasional Revolusi Mental  di Lingkungan ANRI ini adalah sebagai awal dimulainya penerapan Nilai-Nilai ANRI, yakni Integritas, Profesional, Visioner, Sinergi, Akuntabel (INPROVISIA) bagi seluruh pegawai di lingkungan ANRI, baik pejabat struktural maupun fungsional. Nilai-Nilai ANRI, yakni INPROVISIA sebenarnya sejalan dengan Nilai-Nilai Revolusi Mental, yakni Integritas, Etos Kerja, dan Gotong Royong. Kepala ANRI Mustari Irawan sampaikan penerapan nilai-nilai ANRI sebagai wujud menciptakan budaya organisasi. “Oleh karenanya, tidak berlebihan apabila saya mengatakan bahwa acara ini merupakan Gerakan Membangun Budaya Organisasi di lingkungan ANRI”, jelasnya.

ANRI telah memiliki Nilai-Nilai dan Perilaku Utama ANRI yang ditetapkan dengan Keputusan Kepala ANRI Nomor 83 Tahun 2015. Penetapan Nilai-Nilai dan Perilaku Utama ANRI ini sebagai langkah awal dalam upaya membangun BUDAYA ORGANISASI di lingkungan ANRI. “Saya tidak menginginkan upaya ini berhenti di Penetapan Nilai-Nilai dan Perilaku Utama ANRI. Oleh karenanya, saya telah minta kepada Sestama untuk menyiapkan   langkah-langkah kongkrit untuk melakukan perubahan mindset dan culture set seluruh pegawai ANRI agar Nilai-Nilai dan Perilaku Utama ANRI ini mengurat dan mengakar, serta mengalir dalam aliran darah setiap pegawai ANRI”, Jelas Mustari. Ini berarti Budaya Organisasi telah terbangun di ANRI, menjadi identitas dan jati diri pegawai ANRI. Disamping itu, terbangunnya Budaya Organisasi di ANRI dampaknya sangat vital bagi peningkatan kinerja penyelenggaraan kearsipan nasional yang menjadi tanggung jawab ANRI. (sa)


Bagikan

Views: 692