08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Optimalkan Pengelolaan Kearsipan Nasional, ANRI Laksanakan Rapat Penyiapan RAKERNIS T.A 2023 dan 2024

Optimalkan Pengelolaan Kearsipan Nasional, ANRI Laksanakan Rapat Penyiapan RAKERNIS T.A 2023 dan 2024 Optimalkan Pengelolaan Kearsipan Nasional, ANRI Laksanakan Rapat Penyiapan RAKERNIS T.A 2023 dan 2024 Optimalkan Pengelolaan Kearsipan Nasional, ANRI Laksanakan Rapat Penyiapan RAKERNIS T.A 2023 dan 2024 Optimalkan Pengelolaan Kearsipan Nasional, ANRI Laksanakan Rapat Penyiapan RAKERNIS T.A 2023 dan 2024

03

Nov 22

Optimalkan Pengelolaan Kearsipan Nasional, ANRI Laksanakan Rapat Penyiapan RAKERNIS T.A 2023 dan 2024

Jakarta (03/11/2022) - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan rapat penyiapan RAKERNIS T.A. 2023 dan 2024 bertempat di Hotel The Grove Suites, Jakarta Selatan pada tanggal 3-4 November 2022. Dalam rapat tersebut turut hadir seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama ANRI dengan pembahasan program dan strategi ANRI untuk mengoptimalkan pengelolaan kearsipan secara nasional di tahun mendatang.

ANRI sebagai lembaga negara yang diberikan tugas di bidang kearsipan memiliki tujuan agar arsip dapat bermanfaat secara luas bagi masyarakat, hal ini tentunya perlu didukung dengan pengelolaan kearsipan yang baik secara nasional. 

Sekretaris Utama ANRI, Rini Agustiani menuturkan bahwa setiap unit kerja perlu belajar dari pengalaman tahun sebelumnya untuk dapat merumuskan Kerangka Acuan Kerja (KAK) dengan baik dan benar agar setiap kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar sesuai tujuan, sehingga setiap rupiah yang digunakan oleh ANRI benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat, hal ini tentu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala ANRI, Imam Gunarto mengatakan sangat berbahaya apabila negara tidak memiliki Memori Kolektif Bangsa (MKB). Setiap unit kerja di ANRI perlu mendorong agar setiap arsip kesejarahan menjadi MKB, terutama arsip-arsip daerah. Oleh karenanya, dalam merancang kegiatan perspektif yang digunakan harus perspektif nasional agar bermanfaat secara nasional.

“Ada satu hal yang sangat berbahaya, yaitu negara tidak memiliki memori kolektif bangsa, khususnya di daerah, maka kita perlu mendorong hal tersebut. Dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan kearsipan, perspektif yang digunakan jangan sampai hanya menggunakan perspektif unit kerja masing-masing, melainkan menggunakan perspektif nasional, sehingga tiap anggaran yang digunakan oleh ANRI bermanfaat untuk kepentingan nasional,” ujar Kepala ANRI, Imam Gunarto. 

Selanjutnya, rapat penyiapan materi RAKERNIS yang diselenggarakan selama 2 hari tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Utama dengan agenda dengar pendapat seputar isu-isu strategis yang dihadapi unit kerja agar dapat diselesaikan bersama demi kemajuan di bidang kearsipan.

( RNZ )


Penulis : RNZ
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 772