08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
pameran arsip presiden ri

27

Aug 18

pameran arsip presiden ri

Kementerian Sekretariat Negara dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengadakan Pameran Arsip bersejarah era Presiden Sukarno hingga Presiden Joko Widodo di Jakarta 27-31 Agustus 2018.

Pameran yang mengangkat tema “Semangat Membangun Negeri” dibuka oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama, mewakili Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Senin (27/8/2018), di Aula Serba Guna Gedung 3 Kemensetneg, Jalan Veteran No. 17-18, Jakarta.

Pameran arsip “Semangat Membangun Negeri” menampilkan parade karya terbaik putra bangsa mulai dari Presiden Sukarno sampai dengan Presiden Joko Widodo.

Arsip yang dipamerkan merupakan koleksi Kementerian Sekretariat Negara dan ANRI, serta Arsip Nasional Serbia. Pameran Arsip dibagi menjadi 5 sub tema yaitu Semangat Olah Raga, Capaian Pembangunan, Semangat Dari Keluarga, Persatuan Dalam Keberagaman, dan Indonesia Mendunia. 

Arsip-arsip tersebut terdiri atas 230 ekspose arsip foto, 20 berkas arsip tekstual, dan arsip video tentang Asian Games, PON, GANEFO, dan olah raga tradisional sebanyak 19 judul. 

Dalam sambutannya, Setya Utama berharap pameran arsip ini dapat menjadi wadah pembelajaran bagi masyarakat untuk dapat menikmati, menghargai, dan mengapresiasi warisan sejarah yang bernilai tinggi.

Setya Utama menyampaikan bahwa arsip memiliki peranan yang penting dalam hal keterbukaan akses informasi. "Melalui pameran arsip, masyarakat akan mendapatkan informasi yang tepat dan benar mengenai sejarah. Arsip mengandung nilai pertanggungjawaban nasional sehingga mampu meng-counter informasi atau berita bohong/hoax," ujar Setya.

Pameran arsip  yang terbuka untuk umum tersebut akan berlangsung selama 5 hari yaitu dari tanggal 27-31 Agustus 2018, mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Tampak hadir dalam acara tersebut adalah Deputi Bidang Konservasi Arsip, M. Taufik; Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan, Andi Kasman; Deputi Bidang IPK ANRI, Imam Gunarto; dan pejabat Eselon I dan II dari Kementerian Sekretariat Negara, dan  ANRI.(lh)


Bagikan

Views: 683