08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pameran BINAR Bulan November Angkat Tema Perundingan Linggarjati

Pameran BINAR Bulan November Angkat Tema Perundingan Linggarjati

09

Nov 23

Pameran BINAR Bulan November Angkat Tema Perundingan Linggarjati

Jakarta – 09/11/2023, Layanan Arsip Statis Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada program Bulan Ini dalam Arsip (BINAR) pada bulan November 2023 mengangkat tema tentang Perundingan Linggarjati. Arsip tersebut dipilih karena penandatanganan naskah perundingan terjadi pada 15 November 1946.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan oleh Ir. Sukarno dan Drs. Moh. Hatta pada 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta bukanlah akhir dari proses bangsa Indonesia melepaskan diri dari cengkeraman kolonialisme. Peristiwa tersebut justru merupakan awal dari sebuah perjuangan baru: Mempertahankan kemerdekaan. Banyak cara yang ditempuh oleh berbagai elemen masyarakat Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah diproklamasikan, salah satunya dengan melalui usaha-usaha diplomasi. Upaya diplomasi dilakukan Indonesia demi mendapatkan pengakuan kedaulatan dari negara lain, salah satu syarat agar suatu negara bisa dikatakan merdeka.

Perundingan-perundingan awal seperti pertemuan di Jakarta dan di Hoge Valuwe belum memuaskan pihak Indonesia dan Belanda, perlu diadakan perundingan lanjutan yang membahas kepentingan kedua belah pihak. Salah satu perundingan awal yang penting dilaksanakan di Linggarjati, Kuningan, Jawa Barat. Tahap awal perundingan dilakukan di Jakarta pada 7 Oktober 1946 untuk membicarakan gencatan senjata. Pada pertemuan selanjutnya, tanggal 14 Oktober 1946, telah tercapai poin-poin kesepakatan yang lebih rinci, salah satunya adalah membentuk Komisi Gencatan Senjata.

Perundingan Linggarjati tahap akhir dilaksanakan di Istana Rijswijk pada 15 November 1946. Pada pertemuan tersebut, Belanda dan Indonesia menandatangani naskah perjanjian dalam bahasa Belanda, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Pertemuan terakhir dari rangkaian Perundingan Linggarjati tersebut diabadikan oleh fotografer dari Indonesian Press Photo Service (IPPHOS), yang arsipnya saat ini disimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia.

Sumber: Mestika Zed, “Perjuangan dan Diplomasi”, dalam Indonesia dalam Arus Sejarah Jilid 6 Perang dan Revolusi. Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve, 2012.

Arsip yang dipamerkan pada BINAR menampilkan foto para delegasi Belanda dan Indonesia sebelum Perundingan Linggarjati dimulai (Sumber: ANRI, IPPHOS NO. 204), serta foto suasana penandatanganan naskah hasil Perundingan Linggarjati (Sumber: ANRI, IPPHOS NO. 228 DAN 240).

( SAP )


Penulis : SAP
Editor : nisaa

Bagikan

Views: 996