08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pameran BINAR Periode Mei Angkat Tema Hari Kebangkitan Nasional

Pameran BINAR Periode Mei Angkat Tema Hari Kebangkitan Nasional Pameran BINAR Periode Mei Angkat Tema Hari Kebangkitan Nasional

08

May 24

Pameran BINAR Periode Mei Angkat Tema Hari Kebangkitan Nasional

Jakarta - 08/05/24, Layanan Arsip Statis Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada program Bulan ini dalam Arsip (BINAR) pada periode Mei 2024 mengangkat tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh setiap tanggal 20 Mei. Momentum Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 1908 menandai munculnya kesadaran kolektif di antara komponen bangsa yang mewakili berbagai kelompok dengan berbagai latar belakang, baik etnis maupun profesi, terbentuk dalam pergerakan secara nasional untuk mewujudkan kemerdekaan. Pergerakan ini menandakan suatu bentuk perjuangan yang lebih progresif dengan munculnya diplomasi sebagai salah satu bentuk perjuangan di samping model konfrontasi yang telah lebih dahulu ada.

Salah satu pergerakan yang menjadi inspirasi bagi perkumpulan lain adalah keprihatinan sekelompok priyayi yang bersekolah di Sekolah Dokter Jawa terhadap dunia pendidikan yang diselenggarakan pemerintah Hindia Belanda. Di mana sekolah tidak mendidik anak- anak pribumi Indonesia supaya menjadi orang yang berderajat tinggi, tidak untuk memelihara cita-cita kemanusiaan, untuk menjadi manusia dan bangsa yang sejajar dengan manusia dan bangsa di dunia lainnya. Sebaliknya, pendidikan hanya mendidik pribumi sebagai pelayan yang patuh dan setia, menjadi alat dan kaki tangan penjajah, yang dapat bekerja hanya untuk kepentingan majikan semata-mata. Berawal dari keprihatinan ini maka mereka sepakat membentuk perkumpulan Boedi Oetomo di gedung STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlandsche Artsen) tempat Sekolah Dokter Jawa yang telah ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Kedokteran. Berdirinya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908, oleh pemerintah diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional. (Sumber : Majalah Arsip Edisi Jejak Kebangkitan Nasional)

Arsip yang dipamerkan pada BINAR menampilkan Arsip Foto Suasana Peringatan 40 Tahun Hari Kebangkitan Nasional di Gedung Agung Yogyakarta, 20 Mei 1948. Tampak Presiden Sukarno membacakan naskah pidato (Sumber: ANRI, IPPHOS (1945-1950) nomor: 830) dan arsip foto para tamu undangan yang menghadiri peringatan 40 Tahun Hari Kebangkitan Nasional di Gedung Agung Yogyakarta, 20 Mei 1948. Tampak hadir Ki Hadjar Dewantara (Sumber: ANRI, IPPHOS (1945-1950) nomor: 831). (SAP)


Foto : Direktorat Layanan dan Pemanfaatan
Penulis : SAP
Editor : tk

Bagikan

Views: 714