08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pembelajaran Sejarah Presiden Sukarno di Usia Belia: Kunjungan RA. Cahaya Petunjuk Yayasan Al-Anwar Krukut

Pembelajaran Sejarah Presiden Sukarno di Usia Belia: Kunjungan RA. Cahaya Petunjuk Yayasan Al-Anwar Krukut Pembelajaran Sejarah Presiden Sukarno di Usia Belia: Kunjungan RA. Cahaya Petunjuk Yayasan Al-Anwar Krukut Pembelajaran Sejarah Presiden Sukarno di Usia Belia: Kunjungan RA. Cahaya Petunjuk Yayasan Al-Anwar Krukut Pembelajaran Sejarah Presiden Sukarno di Usia Belia: Kunjungan RA. Cahaya Petunjuk Yayasan Al-Anwar Krukut

22

Nov 23

Pembelajaran Sejarah Presiden Sukarno di Usia Belia: Kunjungan RA. Cahaya Petunjuk Yayasan Al-Anwar Krukut

Jakarta, 22/11/23 - Pembentukan karakter bangsa dapat diinisiasi sejak dini. Pembelajaran sejarah perjuangan Panjang Indonesia merupakan salah satu Upaya dalam membentuk karakter bangsa. Pada 22 November 2023 Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) menerima kunjungan dari siswa/i dari RA. Cahaya Petunjuk Yayasan Al-Anwar Krukut. Jumlah peserta kunjungan mencapai 326 orang yang terdiri atas para siswa/i, orang tua dan guru pendamping. Kunjungan peserta diterima oleh Nurarta Situmorang selaku Ketua Tim Layanan dan Pemanfaatan (LP) di gedung cagar budaya.

Materi pembelajaran sejarah perjuangan Indonesia, khususnya mengenai Presiden Sukarno adalah materi yang dipaparkan oleh para pemandu yang terdiri atas Sapta S, AS Bungsu, Hendy K, dan MTB Sakti. Sub tema dari Pameran Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno terdiri atas kehidupan pribadi, jalan politik, patron budaya dan kebijakan perekonomian adalah materi yang dipaparkan kepada para peserta.

Selain itu, para pemandu memberikan informasi mengenai Pidato Presiden Sukarno di kancah Majelis Sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 30 September 1960. Materi pidato tersebut menuangkan nilai-nilai Pancasila. Para pemandu berharap agar dengan kunjungan ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme. Bagi sahabat arsip yang belum berkunjung ke Pusdipres, dapat berkunjung ke alamat Jalan Gajahmada No. 111, Jakarta Barat.

( OT )


Penulis : OT

Bagikan

Views: 191