08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Penataan Arsip Dukung Proses Pembangunan IKN Penataan Arsip Dukung Proses Pembangunan IKN Penataan Arsip Dukung Proses Pembangunan IKN

07

Feb 23

Penataan Arsip Dukung Proses Pembangunan IKN

Jakarta - 07/02/23,  Sebagai sebuah upaya penataan arsip kementerian/lembaga (K/L) yang dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) (IKN), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penataan Arsip K/L yang akan pindah ke IKN di Ballroom Magzi, Hotel Grandkemang, Jakarta. Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Prof. Mohammed Ali Berawi sebagai pembicara utama yang menyampaikan materi perpindahan K/L ke IKN. Beliau menyebutkan tiga kota yang akan dibangun nantinya antara lain IKN Nusantara, Balikpapan dan Samarinda. Dalam membangun ibu kota baru tentu membutuhkan waktu yang lama dan target Indonesia adalah masuk ke dalam lima besar negara dengan kekuatan ekonomi dunia tahun 2045. “Indonesia harus siap menjadi negara maju di tahun 2045,” tegasnya.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan tentang pembangunan IKN yang tidak dapat dilepaskan dari pembangunan hutan tropis. Nantinya 65% wilayah IKN terdiri dari hutan tropis untuk mengembalikan kejayaan hutan Indonesia. Selain itu, dengan membangun sistem hijau yang memanfaatkan sumber daya air hujan dalam kehidupan masyarakat. IKN diharapkan menjadi kota cerdas di mana teknologi digunakan untuk efisiensi sumber daya yang ada dan mempercepat pengambilan keputusan berdasarkan data dan fakta. Selanjutnya ialah peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui pemanfaatan teknologi. Oleh karenanya, setiap K/L dapat memberikan kontribusi dan bersinergi dalam pembangunan IKN ini dengan mengedepankan hardwaresoftware (sistem berinteraksi), dan brainware (transformasi dan adaptasi).

Sementara pada sesi diskusi teknis penataan arsip, Yayan Daryan selaku Arsiparis Madya pada Direktorat Kearsipan Pusat menyampaikan bahwa untuk mendukung upaya Otorita IKN, akan dilaksanakan kegiatan penataan arsip bagi K/L yang akan pindah ke IKN dalam kurun waktu beberapa tahun yang dimulai pada 2023. Keseluruhan anggaran yang dibutuhkan untuk penataan arsip menjadi tanggung jawab bersama antara ANRI dengan K/L. Pada tahun 2023, jasa penataan arsip telah dianggarkan sebesar Rp 12,25 milyar untuk 35.000 meter linier dengan rencana harga satuan Rp 350.000/meter linier yang disediakan pemerintah melalui Daftar Isian Pagu Anggaran ANRI Tahun Anggaran 2023. “Namun sejumlah aktivitas penataan arsip yang tidak terbiayai dengan anggaran ANRI diharapkan dapat disediakan/dibiayai K/L,” jelasnya.

Pelaksanaan pekerjaan penataan arsip oleh pihak ketiga direncanakan akan dilaksanakan pada Mei-September 2023. Digitisasi/alih media arsip yang disimpan di ibu kota negara lama untuk keperluan akses dari IKN pada tahun 2023 akan dilaksanakan pada Juli-September. Selanjutnya akan dilakukan koordinasi lebih lanjut untuk pelaksanaannya serta penentuan jenis arsip yang akan ditata. Arsip tersebut merupakan arsip yang berasal dari unit kerja substansi di K/L, termasuk arsip terjaga, arsip aset dan arsip statis. 

"Selanjutnya, koordinasi teknis penataan kearsipan akan dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini. Diharapkan sinergi dan komunikasi yang baik dapat dibangun untuk memperlancar proses perpindahan K/L ke IKN," tutup Yayan.

( TR )


Penulis : TR
Editor : tk

Bagikan

Views: 1785