08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pendokumentasian Penyelamatan Arsip COVID-19 di LKD Kabupaten Purwakarta

Pendokumentasian Penyelamatan Arsip COVID-19 di LKD Kabupaten Purwakarta Pendokumentasian Penyelamatan Arsip COVID-19 di LKD Kabupaten Purwakarta Pendokumentasian Penyelamatan Arsip COVID-19 di LKD Kabupaten Purwakarta Pendokumentasian Penyelamatan Arsip COVID-19 di LKD Kabupaten Purwakarta Pendokumentasian Penyelamatan Arsip COVID-19 di LKD Kabupaten Purwakarta Pendokumentasian Penyelamatan Arsip COVID-19 di LKD Kabupaten Purwakarta

14

Jul 22

Pendokumentasian Penyelamatan Arsip COVID-19 di LKD Kabupaten Purwakarta

Purwakarta (14/07/2022) – Sebagai salah satu wujud keseriusan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam rangka penyelamatan arsip Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), tim ANRI melaksanakan kegiatan pendokumentasian penyelamatan arsip COVID-19 yang telah dilakukan Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) dalam hal ini Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disipusda) Kabupaten Purwakarta. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meninjau sejauhmana LKD Kabupaten Purwakarta telah mengoordinasikan dan menyelamatkan arsip terkait penanganan COVID-19 yang tercipta pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Purwakarta.

Tim dari ANRI yang terdiri dari perwakilan Arsiparis pada Direktorat Akuisisi serta Direktorat Layanan dan Pemanfaatan langsung meninjau dan melihat arsip penanganan COVID-19 yang telah diselamatkan oleh LKD Kabupaten Purwakarta. Menurut Kepala Bidang Pembinaan Pengembangan dan Pelestarian Kearsipan Disipusda Kab. Purwakarta, Fardiyah, koordinasi penyelamatan arsip penanganan COVID-19 sudah mulai dilaksanakan Disipusda Kabupaten Purwakarta sejak tahun 2020.

“Kami sudah mulai dengan membuka koordinasi dan konsultasi dengan Satuan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Purwakarta dan berbagai OPD lainnya. Arsip yang sudah kami selamatkan dan saat ini sudah berada di Disipusda di antaranya berasal dari Rumah Sakit Umum Daerah Bayu Asih, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Purwakarta, dan dari beberapa kecamatatan di Purwakarta, seperti Kecamatan Cibatu, Pasawahan, Plered dan Purwakarta,” terang Diyah.

Selain mendokumentasikan penyelamatan arsip COVID-19 yang telah dilakukan LKD Kab. Purwakarta, pada kesempatan ini juga dilaksanakan sosialisasi tentang Pengaturan dan Pelaksanaan Penyelamatan Arsip Pandemi COVID-19 yang disampaikan Arsiparis Madya selaku Koordinator Kelompok Substansi Akuisisi Arsip I, Tato Pujiarto. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Aula Disipusda dan diikuti perwakilan OPD di Kabupaten Purwakarta yang dihadiri 50 orang peserta.

Sebagai informasi, penyelamatan arsip terkait COVID-19 sudah menjadi kewajiban pencipta arsip dan lembaga kearsipan sesuai dengan wilayah kewenangannya. Adapun panduan dalam penyelamatan arsip COVID-19 telah diatur sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 62 Tahun 2020 tentang Penyelamatan Arsip Penanganan COVID-19 dalam Mendukung Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

( tk )


Penulis : tk

Bagikan

Views: 952