08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Peneliti IRIDeS Tohoku University Jepang Telusur Data dan Informasi Kebencanaan di BAST

Peneliti IRIDeS Tohoku University Jepang Telusur Data dan Informasi Kebencanaan di BAST Peneliti IRIDeS Tohoku University Jepang Telusur Data dan Informasi Kebencanaan di BAST Peneliti IRIDeS Tohoku University Jepang Telusur Data dan Informasi Kebencanaan di BAST

15

Nov 23

Peneliti IRIDeS Tohoku University Jepang Telusur Data dan Informasi Kebencanaan di BAST

Banda Aceh - 15/11/2023, Balai Arsip Statis dan Tsunami  (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia menerima kunjungan Prof. Daisuke Sasaki dan Yuta Hara dari International Research Institute of Disaster Science (IRIDeS), Tohoku University Jepang, didampingi Mahasiswa Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala, Yolanda. Kunjungan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui arsip yang tersimpan di BAST yang nantinya akan menjadi sumber informasi dalam penelitian terkait kebencanaan.

Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala BAST, Muhamad Ihwan. Dalam sambutannya, Ihwan mengungkapkan bahwa BAST memiliki arsip terkait kebencanaan yang bermanfaat sebagai pembelajaran serta penelitian bagi publik. 

Prof. Daisuke Sasaki menyampaikan bahwa saat ini data dari dampak bencana tsunami yang pernah terjadi di Aceh sedang dilakukan penelusuran. BAST yang menyimpan arsip-arsip mengenai hal tersebut tentunya akan menjadi sumber informasi  akurat untuk penelitian yang akan dilakukan.

Oleh karena itu, kunjungan ini diharapkan dapat mendorong para peneliti dari nasional maupun internasional yang tengah melakukan penelusuran informasi terkait kebencanaan agar bisa mengakses arsip di BAST sebagai sumber informasi yang berguna untuk generasi kini dan generasi yang akan datang.


Penulis : sr
Editor : sa

Bagikan

Views: 536