08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Peneliti University of Fernando Pessoa Porto dan Universitas Negeri Malang Lakukan Pendalaman Arsip Tsunami di BAST

Peneliti University of Fernando Pessoa Porto dan Universitas Negeri Malang Lakukan Pendalaman Arsip Tsunami di BAST Peneliti University of Fernando Pessoa Porto dan Universitas Negeri Malang Lakukan Pendalaman Arsip Tsunami di BAST Peneliti University of Fernando Pessoa Porto dan Universitas Negeri Malang Lakukan Pendalaman Arsip Tsunami di BAST Peneliti University of Fernando Pessoa Porto dan Universitas Negeri Malang Lakukan Pendalaman Arsip Tsunami di BAST

28

Jul 23

Peneliti University of Fernando Pessoa Porto dan Universitas Negeri Malang Lakukan Pendalaman Arsip Tsunami di BAST

Aceh - 28/07/23 - Balai Arsip Statis dan Tsunami  (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan Prof. Vitor Rui Gomes Teixeira dari University Fernando Pessoa Porto, Portugal dan Dr. Daya Negri Wijaya dari Universitas Negeri Malang. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka mengetahui perkembangan Aceh pasca tsunami, selain tujuannya berkunjung ke Aceh adalah untuk menelusuri jejak Portugis - Aceh abad XVI-XVII. 

Jejak-jejak Portugis yang paling penting diantaranya adalah benteng dan juga garis keturunan yang dibawa bangsa ini ketika menetap di salah satu wilayah di Aceh yaitu Lamno, Aceh Jaya. Akibat tsunami yang melanda Aceh, kini populasi keturunan Portugis menurun dan persebarannya semakin berkurang di wilayah tersebut.

Prof. Vitor dan Dr. Daya berpendapat sama bahwa keberadaan BAST sebagai lembaga yang menjaga dan melestarikan arsip tsunami sangat penting di tengah masyarakat, mengingat arsip tersebut merekam peristiwa tsunami yang pernah terjadi, terutama pada tahun 2004, untuk dijadikan pembelajaran bagi kehidupan kini dan mendatang.  

Dalam kunjungannya di BAST, Prof. Vitor dan Dr. Daya turut melakukan office tour guna melihat secara langsung pengelolaan arsip tsunami di BAST serta berbagi cerita dan pengalaman keduanya sebagai peneliti dalam PodBAST (Podcast Balai Arsip Statis dan Tsunami) yang akan ditayangkan pada kanal Youtube ANRIBAST.

( sr/ekh )


Penulis : sr/ekh

Bagikan

Views: 344