08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Penelusuran Arsip Duta Besar Indonesia untuk Irak Bagindo Dahlan Abdullah

Penelusuran Arsip Duta Besar Indonesia untuk Irak Bagindo Dahlan Abdullah Penelusuran Arsip Duta Besar Indonesia untuk Irak Bagindo Dahlan Abdullah Penelusuran Arsip Duta Besar Indonesia untuk Irak Bagindo Dahlan Abdullah

19

Jul 24

Penelusuran Arsip Duta Besar Indonesia untuk Irak Bagindo Dahlan Abdullah

Jakarta - 19/07/2024, Pelaksana Tugas Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto didampingi oleh Direktur Layanan dan Pemanfaatan, Eli Ruliawati dan Kepala Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Muhammad Sumitro menerima kunjungan audiensi delegasi Republik Irak yang terdiri dari Wakil Duta Besar Republik Irak, Ammar Hameed Saadallah Al-Khalidy dan Sekretaris II, Zaman Kareem Ali Alsaqaa didampingi oleh Staf Kedutaan Dr. Omar Hazeim Abdulkarem, di Ruang Tamu VIP ANRI, Jakarta (19/7).

Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka penelusuran arsip tokoh Dahlan Abdullah (Bagindo Dahlan Abdullah), Duta Besar Indonesia untuk Irak yang pertama. Ammar Hameed Saadallah Al-Khalidy menyebutkan bahwa Dahlan Abdullah mulai menjabat sebagai Duta Besar pada 27 Maret 1950 dan sempat menetap di Irak hingga beliau meninggal dunia, serta dimakamkan di Masjid Syekh Abdul Qadir Jaelani, Baghdad pada 12 Mei 1950. 

“Kami ingin sekali melihat secara langsung arsip Bapak Dahlan Abdullah, karena kami pernah melihat beberapa foto beliau di buku biografinya yang berjudul ‘Baginda Dahlan Abdullah: Bapak Kebangsaan Indonesia’. Selain itu, juga kalau ada arsip tentang hubungan diplomatik antara Indonesia dan Irak, arsip tentang Duta Besar Irak untuk Indonesia, nama-nama Duta Besar kedua negara,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Imam Gunarto menyambut baik usaha untuk menelusuri arsip tokoh Bagindo Dahlan Abdullah. “Apabila memang ternyata kunjungan kali ini belum berhasil menemukan semua arsip yang dibutuhkan, saran saya bisa dilakukan joint research antara Indonesia dan Irak untuk mendapatkan arsip-arsip tentang hubungan diplomatik Indonesia dan Irak, arsip yang lebih lengkap, ya. Seperti waktu itu ada juga kunjungan delegasi Meksiko, hingga akhirnya mereka berhasil menemukan arsip-arsipnya dan kita membuat waktu itu pameran arsip hubungan diplomatik Indonesia Meksiko,” paparnya.

Setelah audiensi tersebut, delegasi Republik Irak berkesempatan untuk mengunjungi Layanan Arsip Statis/Ruang Baca untuk melihat secara langsung daftar arsip dan salah satu arsip foto tokoh Dahlan Abdullah yang tersimpan di ANRI.


Foto : Humas ANRI
Penulis : TR
Editor : sa

Bagikan

Views: 96