08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pengelola Central File dan Unit Kearsipan di Lingkungan ANRI Ikuti "Ngopi Luwak"

Pengelola Central File dan Unit Kearsipan di Lingkungan ANRI Ikuti "Ngopi Luwak" Pengelola Central File dan Unit Kearsipan di Lingkungan ANRI Ikuti "Ngopi Luwak" Pengelola Central File dan Unit Kearsipan di Lingkungan ANRI Ikuti "Ngopi Luwak"

04

Jul 23

Pengelola Central File dan Unit Kearsipan di Lingkungan ANRI Ikuti "Ngopi Luwak"

Jakarta - 04/07/23, Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan arsip dinamis, Biro Umum Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Bimbingan dan Konsultasi Pengelolaan Arsip Dinamis bagi Pengelola Central File dan Pengelola Unit Kearsipan di Lingkungan ANRI dalam acara Ngopi Luwak (Ngobrol Pintar Memperluas Wawasan Kearsipan) di Ruang Serbaguna Noerhadi Magetsari, ANRI. Ngopi Luwak yang diselenggarakan pada 4 s.d. 5 Juli 2023 ini menghadirkan Arsiparis Utama ANRI, Dwi Mudalsih pada hari pertama dengan topik pembahasan Arsip Aktif, Arsip Vital, dan Arsip Terjaga. Adapun pada 5 Juli 2023 akan menghadirkan Arsiparis Utama ANRI, Iyos Rosidah dengan bahasan tentang Deskripsi, Penataan, dan Penilaian Arsip.

Kepala Biro Umum, Sarip Hidayat saat membuka acara menyampaikan bahwa pengelolaan arsip dinamis sangat penting yang meliputi pengelolaan arsip vital, arsip aktif, dan arsip inaktif. Pengelolaan arsip dinamis juga berkaitan dengan keterbukaan informasi publik, di mana  penyediaan informasi publik berasal dari arsip dinamis. Selain itu, arsip dinamis juga manfaat besar, baik sebagai perencanaan maupun pengambilan keputusan. 

Pada pemaparannya tentang Pengelolaan Arsip Aktif, Dwi Mudalsih menyampaikan bahwa pengelolaan arsip aktif tidak terlepas dari pengelolaan arsip dinamis. Pengelolaan arsip dinamis dilaksanakan untuk menjamin ketersediaan arsip dalam penyelenggaraan kegiatan bukti akuntabilitas kinerja, dan alat bukti yang salah. Pimpinan dan pengelola arsip wajib menjaga keautentikan, keutuhan, keamanan, dan keselamatan arsip. 

Melalui kegiatan Ngopi Luwak ini, Pengelola Central File dan Pengelola Unit Kearsipan di Lingkungan ANRI ini diharapkan pengelola central file dan unit kearsipan dapat menambah wawasan dan bertukar pengalaman dalam mengelola arsip sesuai dengan standar kearsipan. (sa/al)

 

( sa/al )


Penulis : sa/al
Editor : tk

Bagikan

Views: 729