08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

PENGELOLAAN ASET NEGARA, HARUS DIPADUKAN DENGAN MANAJEMEN KEARSIPAN

PENGELOLAAN ASET NEGARA, HARUS DIPADUKAN DENGAN MANAJEMEN KEARSIPAN

18

Sep 14

PENGELOLAAN ASET NEGARA, HARUS DIPADUKAN DENGAN MANAJEMEN KEARSIPAN

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang membuka acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Aset Daerah pada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota di Hotel Sahid Jaya Makassar, 17 – 18 September 2014. (Dok.HM ANRI)

 

Makassar-ARSIP- Aset adalah segala sesuatu yang memiliki nilai ekonomis dan hukum. Barang Milik Negara/Daerah (BMN/D) yang menjadi salah satu bagian dari kekayaan negara/daerah merupakan aset yang perlu dikelola dengan baik dan benar. Hal itu dilakukan untuk menghindari aset pemerintah baik pusat maupun daerah yang hilang karena tidak dapat memberikan cukup bukti kepemilikan. Arsip Nasional Republik Indonesia berkoordinasi dengan Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip Aset Daerah pada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota di Kota Makassar. Acara Bimtek diselenggarakan di Hotel Sahid Jaya Makassar pada 17 – 18 September 2014.

Ketua Panitia Penyelenggara, Hilman Rosmana menyampaikan tujuan diselenggarakannya Bimtek. “Tujuan diselenggarakannya acara tersebut adalah agar pemahaman akan pentingnya dokumen/arsip aset tersebut membawa kita pada kesadaran untuk mengelola arsip aset dengan baik, dan penuh tanggung jawab sehingga pengelolaan arsip aset menjadi akuntabel dan dapat dijadikan tolok ukur dalam pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)” ujarnya.

Acara Bimtek dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang. Dalam sambutannya, Agus menyampaikan   manfaat nyata dari terkelolanya arsip secara tertib di setiap organisasi pemerintahan. “salah satu yang dapat kita tunjukkan secara nyata adalah bahwa mengelola arsip-arsip tentang aset, khususnya aset tidak bergerak, memberikan manfaat yang tiada tara, bukan hanya bagi pelaku pemerintahan daerah saat ini, melainkan kemanfaatan yang berkesinambungan dari waktu ke waktu” ungkapnya. Agus juga mengingatkan pentingnya pengelolaan aset diimbangi dengan pemahaman manajemen kearsipan. “Mengelola aset negara dan daerah harus dipadukan dengan manajemen arsip” himbaunya.

Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Aset Daerah pada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota di Kota Makassar dilakukan dalam bentuk diskusi panel dan simulasi dengan menghadirkan pembicara Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI, Kepala Biro Umum Badan Pertanahan Nasional, Kepala Biro Aset Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, dan Direktur Kearsipan Daerah serta Arsiparis Madya dari Arsip Nasional Republik Indonesia.

Peserta yang hadir terdiri dari Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota di wilayah Sulawesi, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Dinas yang membidangi Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota di wilayah Sulawesi, Kalimantan, Bali, dan NTB serta Beberapa Lembaga Kearsipan Daerah wilayah Barat dan Timur. (sa)


Bagikan

Views: 818