08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Penghargaan WTP Ke-6 untuk ANRI, pemicu semangat untuk bekerja lebih baik demi terwujudnya Good Gov

Penghargaan WTP Ke-6 untuk ANRI, pemicu semangat untuk bekerja lebih baik demi terwujudnya Good Gov

12

Sep 14

Penghargaan WTP Ke-6 untuk ANRI, pemicu semangat untuk bekerja lebih baik demi terwujudnya Good Gov

Wakil Presiden Boediyono menyerahkan penghargaan WTP untuk ANRI yang diterima langsung oleh Kepala ANRI Mustari Irawan di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan RI, Jakarta. 12/09/2014, dihadapan para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II, Ketua Mahkamah Agung, para Gubernur seluruh Indonesia, dan para Kepala Lembaga Negara yang memperoleh penghargaan WTP 2013.

Dalam laporannya Menteri Keuangan Muhamad Chatib Basri melaporkan bahwa pemberian penghargaan/apresiasi kepada 65 K/L dan 152 pemerintah daerah yang berhasil menyajikan laporan pertanggungjawaban keuangan tahun 2013 dengan capaian kualitas tertinggi mengacu kepala opini audit WTP dari BPK dan menjadi pendorong upaya pencapaian opini terbaik bagi seluruh K/L/Pemda yang juga merupakan tuntutan publik demi terwujudnya good governance.

Boediyono dalam sambutannya mengingatkan bahwa pengelolaan laporan yang akuntabel dapat mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, dan opini Wajar Tanpa Pengecualian dalam laporan keuangan bukan merupakan tujuan akhir yang harus dicapai tapi merupakan sasaran antara untuk mencapai good governance dalam mengelola laporan keuangan pemerintah pusat maupun daerah. Laporan keuangan yang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian bukan berarti tidak ada upaya pelanggaran hukum didalamnya, untuk itu, upaya pembenahan dan pengendalian diri harus terus diupayakan. Dalam peningkatan kualitas laporan keuangan, sistem pengendalian internal sangat penting untuk mendeteksi dini praktek penyimpangan dalam pengelolaan keuangan negara yang masih banyak terjadi serta sebagai motor penggerak yang efisien agar laporan keuangan menjadi instrumen kebijakan fiskal dalam mengatasi berbagai tantangan ekonomi.


Bagikan

Views: 619