08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Peningkatan Kapasitas Pengelolaan E-Arsip di Federal Arsip Jerman

Peningkatan Kapasitas Pengelolaan E-Arsip di Federal Arsip Jerman

25

Nov 18

Peningkatan Kapasitas Pengelolaan E-Arsip di Federal Arsip Jerman

(Bundes Archiv), Berlin,  21-22  November 2018. 
 
Dalam rangka meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan wawasan Aparatur Sipil Negara (ASN) Arsip Nasional  Republik Indonesia (ANRI)  mengadakan kunjungan ke Federal Archiv Jerman (Bundes Archiv).
 
Delegasi ANRI dipimpin langsung oleh Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan, Andi Kasman, dengan anggota delegasi Abdul Haris M. Ali, (Kepala Sub Direktorat Kearsipan Daerah 1a, Muhamad Ihwan (Kepala Sub Direktorat Kearsipan Daerah 1b),  Dwi Nurmaningsih, (Kepala Sub Direktorat Kearsipan Daerah 1c).
 
Delegasi ANRI diterima langsung oleh Direktur Bundes Archiv, Dr. Sebastian Barteleit dan staf yang membidangi  elektronik arsip, Kristina Yoan.
 
Dalam kesempatan tersebut delegasi ANRI mendapatkan berbagai informasi terkait dengan pengelolaan arsip elektronik, terutama terkait dengan management arsip digital.
 
Delegasi ANRI juga berkesempatan mengunjungi depo penyimpanan arsip statis dan berbagai layanan yang dimiliki oleh Bundes Archiv. Selain itu dalam kunjungan ini dijajaki juga kerjasama dalam rangka peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia di kedua lembaga, termasuk kepala daerah dan kepala-kepala lembaga kearsipan di setiap Provinsi dan Kabupaten/Kota.
 
Selain mendapatkan informasi dan pengetahuan dari Bundes Archiv Delegasi ANRI juga menyempatkan diri untuk memberikan Sosialisasi terkait pengelolaan arsip dinamis di lingkungan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Berlin.
 
Duta Besar RI untuk Jerman Arif Hafas Ugroseno menyambut langsung kehadiran delegasi ANRI dalam kegiata pembinaan kearsipan tersebut. Ceramah Kearsipan disampaikan langsung  oleh Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan dengan peserta seluruh pejabat dan staf yang ada di Kedubes RI Berlin.
 
Selain di Berlin delegasi ANRI juga berkesempatan memberikan pembinaan kearsipan kepada pejabat dan staf pengelolah arsip di Kedutaan Besar RI Den Haag, Belanda (23-11-2018).
 
Di Den Haag delegasi ANRI diterima oleh Wakil Duta Besar RI Fikry Casidy yang mewakili Bapak Duta Besar yang berhalangan hadir. (Den Haag, 24 -11-18).

Bagikan

Views: 633