08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pentingnya Indeks Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Untuk Layanan JIKN

Pentingnya Indeks Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Untuk Layanan JIKN

31

Jul 23

Pentingnya Indeks Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Untuk Layanan JIKN

Jakarta - 31/07/23 - Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (SJIKN) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan Rapat Penyusunan Kebijakan Indeks Layanan Informasi Kearsipan dengan menghadirkan narasumber Dr. Hasyim Gautama, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka menyusun kebijakan dalam menentukan indeks terkait dengan layanan di mana ANRI sebagai Pusat Jaringan JIKN, kata pembukaan Kepala Pusat SJIKN yang diwakili oleh Ir. Suryana selaku Ketua Tim Infrastruktur SIKN.

Informasi dan komunikasi saat ini menjadi semakin penting arti dan peranannya bagi publik di tengah era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang penuh dengan disrupsi dan menghasilkan berbagai tantangan bagi instansi pengelola informasi dan komunikasi publik.

Salah satu tantangan tersebut adalah perubahan lanskap komunikasi yang sangat bervariasi, mulai dari semakin tidak jelasnya batas antara ranah publik dan privat, sampai dengan terjadinya disinformasi yang termediasi oleh TIK. Kondisi ini memaksa pengelolaan informasi dan komunikasi publik yang dilakukan pemerintah harus segera disesuaikan, sehingga menjadi lebih adaptif dan lebih efektif, sesuai dengan lanskap yang baru. Sifat adaptif dan efektif ini tentu memerlukan alat ukur objektif agar dapat diketahui bagaimana tingkat kinerja pengelolaan informasi dan komunikasi publik yang dilakukan pemerintah, kata Hasyim Gautama mengawali materinya.

Kinerja sebuah lembaga tentu dipengaruhi dari berbagai aspek, termasuk dari aspek sumber daya manusia. Karena itu, untuk mendapatkan gambaran yang utuh, maka pada pelaksanaan pengukuran kinerja berikutnya dapat mempertimbangkan beberapa variabel dilihat dari sisi sumber daya manusia, misalnya variabel kepemimpinan, motivasi, perilaku komunikasi, budaya organisasi, dan kepuasan kerja para karyawan dan variabel-variabel lainnya. Faktor sumber daya manusia menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan baik buruknya kinerja sebuah organisasi atau Lembaga.

Hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari unit-unit kerja terkait di ANRI diantaranya dari Biro Perencanaan dan Humas, Biro Hukum dan Kepegawaian, DIrektorat Layanan dan Pemanfaatan serta perwakilan dari Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan.

Dengan adanya acara ini diharapkan bermanfaat bagi JIKN dan dapat memberikan gambaran awal dalam upaya penyusunan kebijakan indeks layanan informasi kearsipan bagi pemangku kepentingan dalam upaya peningkatan pelayanan publik serta membangun upaya peningkatan pemenuhan hak publik untuk mendapatkan informasi.

( #tj )


Penulis : #tj

Bagikan

Views: 703