08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

PENYEDIAAN AKSES ARSIP DARING DI SMART ISLAND BELITUNG

PENYEDIAAN AKSES ARSIP DARING DI SMART ISLAND BELITUNG

03

Oct 19

PENYEDIAAN AKSES ARSIP DARING DI SMART ISLAND BELITUNG

Wakil Bupati Kabupaten Belitung Isyak Meirobi, menerima Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan ANRI Imam Gunarto dan Kepala Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional Desi Pratiwi tanggal 2 Oktober 2019.

Pertemuan tersebut setelah Isyak Meirobi meresmikan rute penerbangan baru ke Belitung yang merupakan potensi pariwisata yang luar biasa dan sudah menjadi 10 destinasi baru yang menjadi acuan.

Dalam diskusi yang hangat dan penuh semangat selama hampir satu jam, kedua pejabat membahas tentang pengelolaan dan ketersediaan arsip sebagai salah satu penguatan akses destinasi di Bangka Belitung.

Wakil Bupati yang senang membaca arsip kesejarahan ini karena baginya seperti masuk ke ruang waktu, langsung memerintahkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belitung, Rafeli untuk menyusun proposal pembangunan gedung penyimpanan arsip pada tahun 2020, yang direncanakan akan disatukan dengan gedung cagar budaya sekolah Chung Hua.

Ide baru ini dilandaskan pada upaya pelestarian eksistensi bangunan-bangunan cagar budaya sekaligus menampilkan arsip kesejarahan Belitung yang akan dikembangkan mengikuti tren zaman dan menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke Belitung.

Pemerintah Kabupaten Belitung yang terus berupaya menjadikan Belitung lebih maju dengan menerapkan smart island sangat antusias dengan penyelenggaraan Workshop SIKN dan JIKN di Belitung yang diikuti oleh para peserta dari lembaga kearsipan provinsi dan kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Wakil Bupati Belitung berharap penyediaan akses arsip secara daring kepada masyarakat luas akan menjadikan generasi mendatang memahami asal usul dan identitas jati bangsanya di tengah-tengah arus globalisasi dunia.

Kepala Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Asyraf Suryadin yang mendampingi audiensi tersebut, menyambut baik rencana pembangunan gedung penyimpanan arsip karena sejalan dengan rencana peningkatan penyelenggaraan kearsipan di provinsi tersebut.(dp)*(lnh)


Bagikan

Views: 484