08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Penyelamatan Arsip Kepresidenan melalui Wawancara Sejarah Lisan dengan Guntur Soekarnoputra

Penyelamatan Arsip Kepresidenan melalui Wawancara Sejarah Lisan dengan Guntur Soekarnoputra Penyelamatan Arsip Kepresidenan melalui Wawancara Sejarah Lisan dengan Guntur Soekarnoputra Penyelamatan Arsip Kepresidenan melalui Wawancara Sejarah Lisan dengan Guntur Soekarnoputra Penyelamatan Arsip Kepresidenan melalui Wawancara Sejarah Lisan dengan Guntur Soekarnoputra

19

Jan 24

Penyelamatan Arsip Kepresidenan melalui Wawancara Sejarah Lisan dengan Guntur Soekarnoputra

Jakarta – (19/01/2024), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan dan Direktorat Akuisisi melakukan Wawancara Sejarah Lisan keluarga Presiden Sukarno yaitu Bapak Guntur Soekarnoputra atau biasa disapa Mas Tok di kediamannya. Tim ANRI dipimpin oleh Deputi Konservasi, Kandar dan Kepala Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan, Mira Puspita Rini. 

Wawancara dilakukan oleh Mudanto Pamungkas, Arsiparis Muda Direktorat Akuisisi. Beberapa materi yang ditanyakan antara lain sekitar masa kecil Mas Tok, hubungan dengan Presiden Sukarno, dan kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh Presiden Sukarno. Banyak informasi menarik dari wawancara ini yang dapat dijadikan sumber primer dalam penelitian di sekitar era Presiden Sukarno.

Kegiatan wawancara sejarah lisan dilakukan dalam rangka penyelamatan arsip statis kepresidenan melalui Program Wawancara Sejarah Lisan Keluarga dan Orang Terdekat Presiden Sukarno. Pada tahun 2024, ditargetkan 5 tokoh yang akan diwawancarai yaitu putra-putri dari Presiden Sukarno.

Selain melakukan wawancara, Tim ANRI juga berkesempatan untuk melihat beberapa arsip tentang Presiden Sukarno yang disimpan Mas Tok. Mas Tok berkeinginan untuk menyerahkan dan menyimpan arsip tersebut di ANRI.

( Tim AP Pusdipres )


Foto : Tim Pusdipres
Penulis : Tim AP Pusdipres
Editor : is

Bagikan

Views: 356