Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Penyelamatan Arsip Pandemi Covid-19 Dibahas dalam Rapat Komisi II DPR RI

Penyelamatan Arsip Pandemi Covid-19 Dibahas dalam Rapat Komisi II DPR RI Penyelamatan Arsip Pandemi Covid-19 Dibahas dalam Rapat Komisi II DPR RI Penyelamatan Arsip Pandemi Covid-19 Dibahas dalam Rapat Komisi II DPR RI Penyelamatan Arsip Pandemi Covid-19 Dibahas dalam Rapat Komisi II DPR RI

26

Jun 20

Penyelamatan Arsip Pandemi Covid-19 Dibahas dalam Rapat Komisi II DPR RI

Jakarta - 25/06/20, Sebagai lembaga kearsipan nasional, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam tugasnya mendapat tantangan besar sejak awal 2020. Mulai dari penanggulangan arsip terdampak bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya, hingga penyelamatan dan pengelolaan arsip pandemi Covid-19. Pelaksana tugas Kepala ANRI, M. Taufik menegaskan bahwa perlu ada pembahasan ulang mengenai kebutuhan anggaran dalam penyelenggaraan pelayanan publik tersebut dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR RI.

RDP antara ANRI dengan Komisi II DPR RI juga membahas mengenai proyek pembangunan Balai Arsip dan Tsunami Aceh, kebutuhan insfrastruktur kearsipan, peningkatan kapasitas digitalisasi, penyelamatan arsip pandemi Covid-19, arsip pandemi di masa lampau, peran arsip sebagai bukti akuntabilitas, dan peran arsip dalam menjaga memori kolektif bangsa. Ketua Komisi II DPR RI sekaligus pemimpin RDP, H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung menyimpulkan bahwa perlu adanya penambahan pagu anggaran untuk meningkatkan kapasitas pelayanan publik ANRI. 

Dalam RDP tersebut turut hadir Kepala Lembaga Administrasi Negara, Ketua Ombusdman RI, serta jajaran pejabat tinggi dan staf. Rapat diakhiri dengan penandatangan petikan hasil rapat.

 

( ws )