08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Perangkat Lunak Transkripsi Arsip Untuk Akselerasi Pengolahan Arsip Statis ANRI

Perangkat Lunak Transkripsi Arsip Untuk Akselerasi Pengolahan Arsip Statis ANRI Perangkat Lunak Transkripsi Arsip Untuk Akselerasi Pengolahan Arsip Statis ANRI

06

Nov 23

Perangkat Lunak Transkripsi Arsip Untuk Akselerasi Pengolahan Arsip Statis ANRI

Den Haag - 06/11/2023, Pegawai Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Ikuti Pelatihan Preservasi Digital di Belanda yang bertajuk Expert Course in Digital Preservation di National Archives of Netherland (NAN) di Den Haag Belanda pada tanggal 6-10 November 2023. Salah satu pegawai yang mewakili adalah seorang Arsiparis Muda di Direktorat Pengolahan, Jajang Nurjaman yang sekaligus dalam pelatihan ini bertindak sebagai pimpinan peserta dari ANRI. Jajang Nurjaman berpendapat bahwa wawasan yang didapat dari pelatihan ini sangat bermanfaat untuk kemajuan Direktorat Pengolahan.

 

Pada pelatihan ini, ilmu yang sangat bermanfaat untuk proses pengolahan, salah satunya mengenai pemindaian arsip secara digital, sehingga dapat membantu arsiparis dengan cepat dan mudah untuk menguraikan informasi yang terdapat pada arsip dalam proses deskripsi. Terkait hal itu, NAN memperkenalkan Loghi, yakni sebuah perangkat lunak untuk transkripsi arsip yang telah mereka kembangkan sendiri. Perangkat lunak transkripsi Loghi, menurut pengujian, sangat akurat dan menyediakan hingga 96% transkripsi yang benar untuk teks tulisan tangan, ketikan, dan cetak. Hal ini membuat Loghi cocok untuk organisasi warisan budaya, seperti lembaga kearsipan yang ingin membuat teks bersejarah yang sulit dibaca tersedia dan dapat dicari oleh pengunjung dan peneliti.

 

Perangkat lunak ini bersifat open source, artinya tersedia untuk semua orang, tetapi juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik pengguna. Loghi segera dapat diakses oleh semua orang melalui situs GitHub. Penggunaan teknologi terkini seperti Loghi ini dalam proses pengolahan arsip, menjadi salah satu hal penting dalam proses akselerasi arsip yang telah dicanangkan Direktur Pengolahan, Wiwi Diana Sari.

( MTHP )


Penulis : MTHP
Editor : sa

Bagikan

Views: 233