08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Peringatan Hari Kearsipan di Daerah Dorong Peningkatan Pendapatan Asli Daerah

Peringatan Hari Kearsipan di Daerah Dorong Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Peringatan Hari Kearsipan di Daerah Dorong Peningkatan Pendapatan Asli Daerah

27

May 24

Peringatan Hari Kearsipan di Daerah Dorong Peningkatan Pendapatan Asli Daerah

Samarinda - 27/5/2024, Rangkaian kegiatan peringatan Hari Kearsipan yang setiap tahun diselenggarakan di daerah di Indonesia, tidak hanya sekadar sebagai tuan rumah, namun juga akan mendorong peningkatan pendapatan asli daerah, sektor pariwisata, dan bisa memperkenalkan budaya daerah tersebut. Termasuk Provinsi Kalimantan Timur yang menjadi tuan rumah puncak peringatan Hari Kearsipan ke-53 tahun 2024. Hal ini disampaikan oleh Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Madya selaku Ketua Tim Hubungan Masyarakat Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Aria Maulana pada Konferensi Pers di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur. 

Dalam pernyataannya, Aria Maulana mengatakan bahwa pada peringatan Hari Kearsipan terdapat Rapat Koordinasi Kearsipan Nasional yang diselenggarakan secara bergilir di setiap daerah. Penentuan Provinsi Kalimantan Timur sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Kearsipan ke-53 disepakati pada kegiatan Executive Board Meeting Hari Kearsipan ke-52 yang digelar di Banyuwangi, Jawa Timur. Pada Konferensi Pers persiapan Hari Kearsipan ke-53 ini turut hadir Kepala DPK Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Syafranuddin dan Sekretaris Dinas DPK Provinsi Kalimantan Timur, Taufik. 

Berdasarkan Keputusan Kepala ANRI Nomor OT.00/02/2005, tanggal 18 Mei ditetapkan sebagai Hari Kearsipan. Hari Kearsipan yang diperingati setiap tahun sejak tahun 2005 merupakan momentum penting yang diperingati seluruh entitas kearsipan di Indonesia, untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kearsipan dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Momentum ini pun mempertegas peran kearsipan dalam menjaga integritas dan melestarikan memori kolektif bangsa, memfasilitasi transparansi kinerja, dan mendukung akuntabilitas dalam tata kelola pemerintahan. (sa)

 


Foto : Humas ANRI
Penulis : sa
Editor : is

Bagikan

Views: 175